Peranan TK/TPA Binaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sinjai dalam Mempertahankan Budaya Kearifan Lokal Baca Tulis Alquran “Mallepu” di abad 21
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v15i01.5868Keywords:
TK/TPA Binanan Muhammadiyah, Kearifan Lokal “Mallepu”Abstract
Peranan TK/TPA Binaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sinjai dalam Mempertahankan Budaya Kearifan Lokal Baca Tulis Alquran “Mallepu” di abad 21, yang melatar belakangi penelitian tersebut melihat bahwa di abad 21 lahir berbagai macam metode baca tulis Al-quran baik terbitan buku panduan seperti buku Iqra, maupun berbagai macam bentuk apliksi baca-tulis Alquran, mengakibatkan metode “Mallepu” sebagai kearifan lokal di kabupaten sinjai kurang diminati, padahal melihat dari sejarah penggunaan metode mallepu tersebut banyak melahirkan qori/qoriah yang memiliki bacaan sesuai kaidah tajwid, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan pimpinan daerah Kabupaten Sinjai dalam mempertahnkan kearifan Lokal budaya baca tulis Al-Quran di abad 21. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menitiberatkan pada studi kasus sebagai sebuah penentuan terhadap penelitan yang mengedepankan proses wawancara dengan menggunakan pertanyaan terkait. Luaran pada penelitian tersebut adalah menghasilkan jurnal terakreditasi Nasional sinta 3. Hasil penelitian menujukkan bahwa metode mallepu sebagai metode kearifan lokal di kabupaten sinjai masi tetap di gunakan, dan di jaga eksistensinya, meski dalam proses aplikasi proses pengajaran santri di TK-TPA masjid binaan Muhammadiyah di kombinasikan dengan metode lain, dalam proses pengajaran, Muhammadiyah sebagai organisasi yang membina beberapa masjid yang ada di kabupaten sinjai turut mendukung dengan kombinasi metode tersebut dengan harapan bahwa motode mengaji mallepu sebagai kearifan lokal tidak putus regenerasinya, yang secara historis metode mallepu merupakan metode yang diakui sebagai satunya metode dahulu kala yang melahirkan qori-qoriah bertaraf lokal, nasional bahkan Internasional.References
Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Cet. II; Jakarta: PT Raja Grafindo
Getteng, Abd. Rahman. 2005, Pendidikan Islam di Sulawesi Selatan; Tinjauan Historis dari Tradisional Hingga Modern. Yogyakarta: Graha Guru.
Muhammedi, M. 2017, Metode Albaghdadiyah (Metode pengajaran yang evektif dalam menanamkan sikap relijius siswa dan meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam). Jurnal Al-fatih, juranal pendiidkan dan keislaman 1(1): 43.
Pelras, Cristian The Bugis, terj. Abd. Rahman Abu, 2005 Manusia Bugis (Cet. II; Jakarta: Nalar bekerjasama dengan Forum Jakarta-Paris, EFEO.).
Persada, 2003
Poerwanto, Hari. 2018, Kebudayaan dan Lingkungan dalam Perspektif Antropologi.
Shihab, Quraish, 2002, Tafsir Al-Misbah, Vol 15 Lentera hati.
Sugiyono, 2009. Metode penulisan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : CV Alfabet .
Sujarweni. V.Wiratna, 2014. Metodologi Penelitian Yogyakarta.
Tim Puslitbang Kehidupan Beragama,“Pemetaan Kerukunan Kehidupan Beragama di Nusa Tenggara Barat”, Laporan Hasil Peneltian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 FIKROTUNA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publishing your paper with Al FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam means that the author or authors retain the copyright in the paper. Al Ihkam granted an exclusive non commercial reuse license by the author(s), but the author(s) are able to put the paper onto a website, distribute it to colleagues, give it to students, use it in your thesis etc, so long as the use is not directed at commercial advantage or toward private monetary gain. The author(s) can reuse the figures and tables and other information contained in their paper published by FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam in future papers or work without having to ask anyone for permission, provided that the figures, tables or other information that is included in the new paper or work properly references the published paper as the source of the figures, tables or other information, and the new paper or work is not direct at private monetary gain or commercial advantage.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, and although their new works must also acknowledge & be non-commercial, they don’t have to license their derivative works on the same terms.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Open Access articles are distributed under this Creative Commons Attribution-Noncommercial 4.0 International License (CC BY-NC). Articles can be read and shared for noncommercial purposes under the following conditions:
BY: Attribution must be given to the original source (Attribution)
NC: Works may not be used for commercial purposes (Noncommercial)