Pengembangan Dosen melalui pemberdayaan Professional Learning Community dalam meningkatkan publikasi ilmiah IAIN Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6216Keywords:
Pengembangan, Publikasi, PLCAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagimana IAIN Lhokseumawe mengembangkan dosen dalam meningkatkan publikasi ilmiah melalui pemberdayaan Professional Learning Community. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan partisipan mulai dari wakil rektor, dekan, dan dosen. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada IAIN Lhokseumawe belum memiliki sistem pengelola pengembangan dosen secara terstruktur dan dosen mengembangkan dirinya secara mandiri, sehingga produktivitas kinerja publikasi dosen pada IAIN Lhokseumawe terjadi penurunan dari sejak tahun 2021 sampai dengan tahun 2022, ini menunjukkan bahwa kinerja publikasi pada IAIN Lhokseumawe terjadi penurunan setiap tahun dalam dua tahun terakhir. Untuk meningkatkan produktivitas kinerja publikasi dilakukan pengembangan dosen melalui pemberdayaan Professional Learning Community dengan tahapan 1) membagikan pengalaman dosen publikasi ilmiah dengan sesama dosen, 2) mengkaji kembali secara logis dan kritis terhadap kendala-kendala yang dihadapi dalam menghasilkan publikasi ilmiah melalui kegiatan reflective study, 3) membuat komitmen bersama dalam menghasilkan dan meningkatkan publikasi ilmiah, dan 4) membetuk kelompok baru sesuai dengan keilmuan dosen dan 5)menetapakan rencana tindak lanjut. Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan Professional Learning Community dosen dengan memberikan pelatihan penulisan artikel ilmiah dan pelatihan metode publikasi artikel ilmiah. Peningkatan produktivitas kinerja publikasi dosen dapat dilakukan oleh IAIN Lhokseumawe dengan membentuk sistem pengembangan dosen secara terstruktur melalui; perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring serta evaluasi dalam rangka memberdayakan Professional Learning CommunityReferences
Anggraeni, P.”Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Professional Learning Community Terhadap Kinerja Mengajar Guru Dan Dampaknya Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Se Bandung Raya”, Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.2. (2017) http://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/download/8302/pdf (diakses 13 Juli 2022)
Arwijayanti, L. “Pengaruh Implementasi Startegi Pengembangan Dosen Dan Dukungan Organisasi Terhadap Profesionalisme Dosen (Studi pada Dosen Fakultas Ekonomi di Universitas Islam Malang)”, Jurnal WARTA EKONOMI VOL. 07 NO 17. (2017) http://riset.unisma.ac.id/index.php/jwe/article/view/144/145 (diakses 13 Juli 2022)
Ciane, G., & Ciane, R. N. : Strengthening and Enriching your Prosessional Learning Community the Art of Learning together.Alexandria, Virginia USA: ASCD Product: 2010
Creswell, J. W. : Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research , New Jersey: Pearson Education Inc, 2008
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam: Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam: 2006
Djuwita, T. M. “Strategi Pengembangan Dosen Perguruan Tinggi Kaitannya Dengan Profil Dosen Yang Produktif”. Jurnal Publica, 54 (2011), http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/publica/article/download/388/387 (akses 13 Juli 2022)
Fitrianingrum, N. “Model Pengembangan Karir Dosen Wanita Berperan Ganda”, Jurnal EKOBIS Vol.18, No.1, (2017), http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ekobis/article/download/1612/1223 (diakses 13 juli 2022)
Gani, R.”Menghargai Etika Profesi dilingkungan Akademik”. Jurnal Mimbar Vol XXII. No 1. (2006) https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/download/203/179 (diakses 13 Juli 2022)
Hasibuan, M. S.P.: Manajemen Sumber daya manusia, cetakan kedelapan belas, Jakarta: Bumi Aksara 2014.
Hatip, M., Khoiriyah, Sanosra, A., & Qomariah, N. (2018). “Kompetensi Dosen, Profesionalisme Dosen, Dan Kecerdasan Spritual Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa”. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol 8, No 1, (2018), http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/download/1770/1457 (diakses 13 Juli 2022)
Lincon, Y., & Guba, E.:Naturalistic Inquiry. New Delhi: Sage Inc Publication:1985
Muazzomi, N., Sofwan, M., & Muslim , F.”Analysis of Pesantren Educational Management: School Culture and Leadership of a Professional Learning Community”, Jurnal Ta’dib: Journal of Islamic Education, Volume 22, Number 2 (2017) http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/download/1634/pdf/ (diakses 13 Juli 2022)
Nahariah. “Strategi Pengembangan Dosen STAI AL Furqan Makasar Kaitannya dengan profil dosen yang produktif”. Jurnal Alqiyam vol 2 no 2, ( Desember 2021), https://ojs.staialfurqan.ac.id/alqiyam/article/download/202/153 (akses 13 juli 2022)
Sinambela, L. P, “Profesionalisme Dosen Dan Kualitas Pendidikan Tinggi”, Jurnal Populis, Vol.2, No.4. (2017) http://journal.unas.ac.id/populis/article/viewFile/347/243 (diakses 13 Juli 2022)
Sobur, A : Etika Pers Profesionalisme dengan Nurani, Bandung: Humaniora Utama Pers.2001.
Sutarsih, C., & Saud, U. S. “The Implementation of Professional Learning Community for Elementary Teachers”. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, Volume 11(2). (2019), https://journals.mindamas.com/index.php/educare/article/download/1128/1007 (diakses 13 Juli 2022)
Triyono, E.”Pemetaan Pengembangan Keprofesionalan Dosen Politeknik”. Jurnal TEKNIS, Volume 11, Nomor 1,. (2016), https://jurnal.polines.ac.id/index.php/teknis/article/view/681/598 (diakses 13 juli 2022)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publishing your paper with Al FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam means that the author or authors retain the copyright in the paper. Al Ihkam granted an exclusive non commercial reuse license by the author(s), but the author(s) are able to put the paper onto a website, distribute it to colleagues, give it to students, use it in your thesis etc, so long as the use is not directed at commercial advantage or toward private monetary gain. The author(s) can reuse the figures and tables and other information contained in their paper published by FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam in future papers or work without having to ask anyone for permission, provided that the figures, tables or other information that is included in the new paper or work properly references the published paper as the source of the figures, tables or other information, and the new paper or work is not direct at private monetary gain or commercial advantage.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, and although their new works must also acknowledge & be non-commercial, they don’t have to license their derivative works on the same terms.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Open Access articles are distributed under this Creative Commons Attribution-Noncommercial 4.0 International License (CC BY-NC). Articles can be read and shared for noncommercial purposes under the following conditions:
BY: Attribution must be given to the original source (Attribution)
NC: Works may not be used for commercial purposes (Noncommercial)