Produksi Media Pembelajaran Berbasis Video pada Siswa Pendidikan Tingkat Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6271Keywords:
Media Pembelajaran, Video, ICTAbstract
Dalam penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pembuatan atu produksi media pembelajaran berbasis multimedia yang diterapkan pada siswa Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Berdasarkan dari beberapa pembahasan yang diperoleh dari beberapa kajian literatur maka, penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (library research). Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa, langkah dalam memproduksi media berbasis multimedia difokuskan pada video pembelajaran karena menurut penulis, media video ini lumrah dan banyak digunakan oleh kalangan pendidik disetiap sekolah. Adapun langkah pembuatan atau produksi video pembelajaran terdiri dari 3 tahap, yaitu pertama, pra produksi yang meliputi perencanaan terkaitan ide/gagasan, analisis kebutuhan dan lainnya dan pembuatan naskah. Kedua produksi, yang meliputi pembuatan tim dan pengambilan video, bisa dengan cara melalui zoom, smartphone atau powtoon. Ketiga pada tahap pasca produksi yang meliputi editing video dan lainnya, serta pendistribusian video pembelajaran pada youtube atau media sosial lainnyaReferences
Andriani, Tuti. “Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi”, Sosial Budaya, Vol. 12, No. 1 (Januari, 2015).
Bambang, Warsito. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta, Rineka Cipta, 2008.
Kemendikbud, P. Modul 09. Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemdikbud. 2021.
Kemendiknas. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Tik. 2010.
Nasution, I. Universitas Sumatera Utara. Penerbit: Universitas Sumatera Utara. 2017.
Nurdiansyah & Andiek Widodo. Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. 2015.
Ramli, Muhammad. Media Teknlogi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press, 2012.
Rusman, dkk, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 2011.
Fadhli, Muhibuddin. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 4 (January 1, 2016): 24–33.
P, Shela Emilia. “Media Pembelajaran ICT,” no. November (2017): 1–17.
Putri, R P. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.” Journal of Basic Education Studies 4, no. 1 (2021): 17.
Safitri, Desilina, Harlin Harlin, and Imam Syofii. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kelas X Tpm Smk Negeri 2 Palembang.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 6, no. 1 (2019): 9–16.
Sutiah. “Pelatihan ICT Dan Pengembangan Website Bagi TP . PKK Di Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang” (2019): 349–354.
Wisada, Putu Darma, I Komang Sudarma, and Adr. I Wayan Ilia Yuda S. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter.” Journal of Education Technology 3, no. 3 (2019): 140.
Zainiyati, Husniatus Salamah. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Edited by Rudy Al-Hana. 1st ed. Jakarta: Kencana, 2017.
Sukmono, F. G., & Junaedi, F. (2020). Pendampingan Produksi Video Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangturi. Dharmakarya, 9(4), 241. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.27223
Sutiah, Pelatihan ICT Dan Pengembangan Website Bagi TP . PKK Di Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. 2019. 349–354.
Tarigan, Ester Emerita. “Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan”, Vol. 3, (2019).
Wardhana, Rio Indra. 12523220. Media Pembelajaran Pengenalan Flora Dan Fauna Dalam Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar. 2019. 6–13. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/16618.
Wibawanto, Wandah. Desain dan Pemprograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif. 2017.
Zainiyati, Husniayus Salamah. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana, 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publishing your paper with Al FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam means that the author or authors retain the copyright in the paper. Al Ihkam granted an exclusive non commercial reuse license by the author(s), but the author(s) are able to put the paper onto a website, distribute it to colleagues, give it to students, use it in your thesis etc, so long as the use is not directed at commercial advantage or toward private monetary gain. The author(s) can reuse the figures and tables and other information contained in their paper published by FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam in future papers or work without having to ask anyone for permission, provided that the figures, tables or other information that is included in the new paper or work properly references the published paper as the source of the figures, tables or other information, and the new paper or work is not direct at private monetary gain or commercial advantage.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, and although their new works must also acknowledge & be non-commercial, they don’t have to license their derivative works on the same terms.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Open Access articles are distributed under this Creative Commons Attribution-Noncommercial 4.0 International License (CC BY-NC). Articles can be read and shared for noncommercial purposes under the following conditions:
BY: Attribution must be given to the original source (Attribution)
NC: Works may not be used for commercial purposes (Noncommercial)