Visi Pendidikan Pesantren Modern K.H. Imam Zarkasyi (1910-1985)
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6272Keywords:
Visi Pendidikan, Pesantren Modern, K.H. Imam ZarkasyiAbstract
Pendidikan pesantren di Indonesia sampai hari ini masih selalu menarik dibahas, karena karakter pesantren yang berbeda dan khas. KH. Imam Zarkasyi(1910-1985) adalah salah satu Pendiri Pondok Modern Gontor yang memiliki visi pembaharuan. Artiikel ini bertujuan untuk mengkaji sudut pandang pemikiran KH. Imam Zarkasyi dalam visi pendidikan modern dengan metode penelitian library research menganalisis pandangan Kyai Saifurrahman Nawawi dalam buku Nilai Pendidikan Sufistik KH. Imam Zarkasyi dengan sumber lainnya seperti jurnal dan buku imiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemikiran KH. Imam Zarkasyi dalam kajian ini terbatas pada beberapa aspek yaitu pada aspek pesantren. Visi Modernitas Pemikiran KH. Imam Zarkasyi, Pesantren Modern mencetak kader pemimpin, Netralitas Pesantren, Modernitas pada pembelajaran Kitab kuning, Modernitas pada Pendidikan pesantren. Modernitas dalam segala aspek pendidikan yang sangat luas, substantif dan universal, yang pertama adalah Pesantren harus dijiwai oleh Panca Jiwa Pesantren, yaitu : a. Keikhlasan, b. Kesederhanaan, c. Kemandirian, d. Ukhuwah Islamiyah dan e. Kebebasan. Visi pendidikan pesantren modern yang dimaksudkan oleh KH Imam Zarkasyi mengafirmasi tujuan kurikulum untuk menggambarkan berbagai pengetahuan dan ketrampilan, nilai dan juga sikap. KH Imam Zarkasyi meletakkan keterampilan berbahasa asing dalam pembelajaran dan juga dalam komunikasi santri setiap hari untuk menunjang kebutuhan akademik santri dan juga peran santri nantinya secara gobal. KH Imam Zarkasyi memiliki visi pembudayaan pesantren dengan membentuk budaya keilmuan dan wawasan yang luas kepada santrinya. KH. Imam zarkasyi menyebutya dengan moto ilmu yang luasReferences
A. Susanto, Pemikian Pendidikan Islam. (Amzah : Jakarta. 2010), 142.
Abdul Hakim & N Hani Herlina, Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar (Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 6, No. 1, 2018)
Abdul Hakim, Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar (Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 6, No. 1, 2018), 112.
Abdullah Syukri Zarkasyi Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada: 2005), 8.
Abuddin Nata.Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam: Kajian Filsafat Pendidikan Islam. (PT RajaGrafindo Persada, Jakarta. 2001), 208.
Azhar, et al. Pendidikan Kader Dan Pesantren Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta (Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Volume 3, No 2, Desember 2015), 114.
E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter,( PT. Bumi Aksara Cetakan III,Jakarta:2013), 9.
H. A. Idhon Anas, Kurikulum Dan Metodologi Pembelajaran Pesantren (Cendekia Vol. 10 No. 1 Juni 2012), 31.
Harun Nasution, KH. Imam Zarkasyi dalam Ensiklopedi Islam di Indonesia Jilid I. (Departemen Agama, Jakarta.
Imroatul Fatihah, kepemimpinan kh. Imam zarkasyi di pondok modern darussalam gontor
James Bank, dan Cherry A. Mc Gee (ed). Handbook of researchon Multicultural Education. San Francisco: Jossey Bas, 1993), 24.
Lisda Nurul Romdoni & Elly Malihah, Membangun Pendidikan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren (Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah Vol. 5, No. 2, Juli - Desember 2020), 21.
Mohammad Hasan, Perkembangan Pendidikan Pesantren Di Indonesia (Tadrîs Volume 10 Nomor 1 Juni 2015), 57.
Mohammad Muchlis Solichin, Teori Belajar Humanistik Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam: Telaah Materi Dan Metode Pembelajaran (Islamuna Volume 5 Nomor 1 Juni 2018), 3.
Muhammad Miftah, Model Integrasi Sains Dan Agama Dalam Pendidikan Nasional (JURNAL PENELITIAN Vol. 14, No. 2 2017) 196
Muhammad Yamin & Syahrir, Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran) (Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 6. No. 1. April 2020), 126.
Muslichan Noor, Gaya Kepemimpinan Kyai (Jurnal kependidikan, vol. 7 No .1 Mei 20 9), 114.
Rusli Takunas, pemikiran pendidikan islam KH.Imam zarkasyi (Scolae: Journal of Pedagogy, Volume 1, Number 2, 2018), 154.
Saifurrahman Nawawi, Nilai pendidikan Sufistik KH. Imam Zarkasyi (Suka-Press UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2018), 3-4.
Sukandarrumidi, Metodologi Penelitian, (Yogyakarta : UGM Press, 2012),113.
Suwantoro, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Entrepreneurship (JALIE, Volume 02, Nomor 01, Maret 2018), 131.
Yusuf Al-Qardhawiy, Al-Khasaish Al-Ammah li Al-Islam, juz 1 (Beirut: Maktabah Al-Risalah, 1983). 9-55.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publishing your paper with Al FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam means that the author or authors retain the copyright in the paper. Al Ihkam granted an exclusive non commercial reuse license by the author(s), but the author(s) are able to put the paper onto a website, distribute it to colleagues, give it to students, use it in your thesis etc, so long as the use is not directed at commercial advantage or toward private monetary gain. The author(s) can reuse the figures and tables and other information contained in their paper published by FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam in future papers or work without having to ask anyone for permission, provided that the figures, tables or other information that is included in the new paper or work properly references the published paper as the source of the figures, tables or other information, and the new paper or work is not direct at private monetary gain or commercial advantage.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, and although their new works must also acknowledge & be non-commercial, they don’t have to license their derivative works on the same terms.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Open Access articles are distributed under this Creative Commons Attribution-Noncommercial 4.0 International License (CC BY-NC). Articles can be read and shared for noncommercial purposes under the following conditions:
BY: Attribution must be given to the original source (Attribution)
NC: Works may not be used for commercial purposes (Noncommercial)