Tranformasi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Purniadi Putra Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Hadisa Putri Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6565

Keywords:

Transformasi, pendidikan karakter, pandemi covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan sistem pendidikan yang sangat cepat selain itu dari banyak aspek kehidupan yang paling mendasar pada aspek pendidikan menjadi sorotan karena memiliki posisi penting terutama pada karakter siswa. Hal ini menjadi dasar adanya transformasi pendidikan karakter pada masa pandemi Covid-19 di lembaga pendidikan. Fokus penelitian meliputi perencanaan pendidikan karakter saat Covid-19, pelaksanaan pendidikan karakter saat Covid-19 dan Implikasi transformasi pendidikan karakter saat Covid-19 pada perilaku Keagamaan Siswa di di SDIT Sulthoniyah Sambas.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenamenologi. Sumber data primer kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa. Sedangkan pengumpulan data menggunakan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini perencanaan transformasi Pendidikan karakter membuat format evaluasi berupa menganalisis data lapangan, memberikan penilaian, dan menentukan tingkat keberhasilan dalam bentuk pembelajaran, pelaksanaan dalam transformasi Pendidikan karakter proses pembelajaran pada saat pandemi Covid-19 membuat video pembelajaran berbasis karakter yang menarik dalam belajar dan implikasi transformasi pendidikan karakter perilaku keagamaan siswa akan menjadikan sikap disiplin dan tanggung jawab untuk pribadi siswa berkontribusi pada lingkungan sekitarnya.

References

Agustang, Andi, and Arlin Adam. Online Learning and Distortion of Character Education in the Covid-19 Pandemic Era. Webology 18 (2021): 566-80. https://doi.org/10.14704/WEB/V18SI04/WEB18149.

Arif, Muhamad, Kusnul Munfaati, and Mei Kalimatusyaroh. Homeroom Teacher Strategy in Improving Learning Media Literacy during Covid-19 Pandemic. Madrasah 13, no. 2 (2021): 126-41. https://doi.org/10.18860/mad.v13i2.11804.

Carr, Olivia G., Nadia Jilani-Hyler, and Gregg R. Murray. Identifying Factors Related to School Closures Due to COVID-19 in the Middle East and North Africa Region. International Journal of Educational Development 90, no. January 2021 (2022): 102560. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2022.102560.

Carr, Olivia G, Nadia Jilani-Hyler, Gregg R, and Murray. Identifying Factors Related to School Closures Due to COVID-19 in the Middle East and North Africa Region. Optik - International Journal for Light and Electron Optics, 2020, 165135. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2022.102560.

Daga, Agustinus Tanggu. IMPLEMENTING CHARACTER EDUCATION DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT ELEMENTARY SCHOOL. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR 10, no. 4 (2021): 836-51.

Darwadi. Hasil Wawancara Tentang Implikasi Transformasi Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Keagamaan. Sambas, 2022.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2020): 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Fauziah, S., and D Mutiah. Pengaruh Trait Kepribadian Big Five Dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Agresivitas Anak Punk Di Jabodetabek. Raheema Jurnal Studi Gender Dan Anak 2, no. 2 (2015).

Firdaus, Insan. Optimalisasi Pos Lintas Batas Tradisional Dalam Pelaksanaan Fungsi Keimigrasian Studi Kasus Imigrasi Entikong. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 12, no. 1 (2018): 57. https://doi.org/10.30641/kebijakan.2018.v12.57-71.

Haripin. Wawancara Implikasi Transformasi Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Keagamaan. Sambas, 2022.

Kemendikbud. Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah. Kemendikbud.go.id, 2020.

Prasojo, Zaenuddin Hudi. Dinamika Masyarakat Lokal Di Perbatasan. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 21, no. 2 (2012): 417. https://doi.org/10.21580/ws.2013.21.2.252.

Pujianti, Restu, Sumardi Sumardi, and Sima Mulyadi. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Raudhatul Athfal. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 2 (2021): 117-26. https://doi.org/10.32678/AS-SIBYAN.V6I2.4919.

Purwanti, R. Peran Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 Dari Segi Pemanfaatan Gawai. In Prosiding Seminar Nasional , 233-41, 2021.

Reuge, Nicolas, Robert Jenkins, Matt Brossard, Bobby Soobrayan, Suguru Mizunoya, Jim Ackers, Linda Jones, and Wongani Grace Taulo. Education Response to COVID 19 Pandemic, a Special Issue Proposed by UNICEF: Editorial Review. International Journal of Educational Development 87 (2021): 102485. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102485.

Robiasih, Hasti, Ari Setiawan, and Hanandyo Dardjito. Character Education Strengthening Model during Learning from Home: Ki Hajar Dewantaras Scaffolding Concept. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 25, no. 1 (2021): 25-34. https://doi.org/10.21831/pep.v25i1.36385.

Siahaan, Matdio. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah 1, no. 1 (2020): 73-80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265.

Sulaiman, Andi Amran, Irsal Las, Kasdi Subagyono, Trip Alihmsyah, and Hermanto. Membangun Lumbung Pangan Di Wilayah Perbatasan; Sinergitas Merintis Ekspor Pangan Di Wilayah Perbatasan NKRI. Jakarta: IAARD PRESS, 2017.

Suntoro, Ranu, Hendro Widoro, and Ahmad Dahlan Yogyakarta. INTERNALISASI NILAI MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19 PENDAHULUAN Pandemi Covid-19 Yang Merebak Hampir Ke Seluruh Penjuru Dunia , Tak Terkecuali Indonesia ( Susilo , 2020: 45 ), Menimbulkan Perubahan Yang Signifikan Di Berba. Mudarrisuna 10, no. 2 (2020): 143-65.

Suyadi, S. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smk Negeri 1 Lais Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin. Conciencia 14, no. 1 (2014): 25-47. https://doi.org/10.19109/conciencia.v14i1.87.

Syafitri, A, H Amir, and E Elvinawati. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Ular Tangga Dan Media Puzzle Di . Alotrop, 2019.

Syamsudin. Pendidikan Karakter Pada Generasi Muda Di Masa Pandemic Covid-19. Transformasi Jurnal Studi Agama Islam 14, no. 1 (2021): 63-75.

Unissula. Dampak Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Bagi Pendidikan Karakter. Unisulla, 2020. http://unissula.ac.id/c24-berita-unissula/dampak-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-bagi-pendidikan-karakter/.

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Putra, P., & Putri, H. . (2023). Tranformasi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 . FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(01), 448–462. https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6565

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.