Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Alternatif di Tengah Arus Globalisasi

Authors

  • FAUZAN FAUZAN Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Khairat Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v3i1.658

Keywords:

Pesantren, Lembaga Pendidikan, Arus Globalisasi

Abstract

Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang memberikan andil cukup besar dalam membangun bangsa Indonesia. Pesantren sebagai bagian dari pendidikan tetap eksis di tengah kubangan arus globalisasi, bahkan pesantren hingga saat ini dapat berkembang dengan pesat. Perkembangan itu ditunjukkan dengan munculnya pesantren-pesantren baru di Indonesia dan bertambah banyaknya jumlah santri di pesantren. Hal ini karena masyarakat menyadari bahwa pesantrenlah lembaga pendidikan yang lebih aman dari pengaruh arus globalisasi karena santri di pesantren diisolasi dari pengaruh luar pesantren. Disamping itu, dengan aktivitasnya yang berlangsung selama hampir 24 jam mulai dari bangun sebelum subuh hingga menjelang tidur di malam hari dapat membentuk karakter santri yang mandiri. Alasan lain yang menjadi daya tarik minat masyarakat adalah kurikulum integrasi yang diterapkan di pesantren dengan menggabungkan kurikulum pesantren dengan kurikulum formal dimana kebanyakan pesantren saat ini telah mendirikan pendidikan formal mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tingga, sehingga pesantren dianggap sebagai lembaga pendidikan alternatif di tengah arus globalisasi

Published

2017-02-20

How to Cite

FAUZAN, F. (2017). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Alternatif di Tengah Arus Globalisasi. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 5(01). https://doi.org/10.32806/jf.v3i1.658

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.