VALIDASI MODUL PELATIHAN EFIKASI DIRI “I LOVE MYSELF”
Keywords:
Kecemasan Berbicara di Depan Umum, Efikasi Diri, Validasi ModulAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan validasi modul efikasi diri “I Love Myself” sehingga menghasilkan alat intervensi yang baku untuk meningkatkan efikasi diri pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah modul efikasi diri “I Love Myself” valid. Subjek validasi empirik berjumlah 5 mahasiswa fakultas Psikologi angkatan 2015-2016 yang berusia 18 hingga 23 tahun. Pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala kecemasan berbicara di depan umum mengacu pada teori Rogers (2004), dan skala efikasi diri mengacu pada teori Bandura (1997) yang mengadaptasi skala dari Barn, Schwarzer, dan Jerusalem. Analisis data menggunakan Aiken’s V dan Wilcoxon signed rank. Berdasarkan hasil perhitungan Aiken’s V diperoleh skor 0.67-1.00. hasil tersebut menunjukkan bahwa modul efikasi diri I Love Myself memiliki validasi isi yang baik.References
Akbar, M. Dinullah, and Achmad Mujab Masykur. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII Sman 2 Mataram.” Jurnal EMPATI 7, no. 3 (June 27, 2020): 992–97. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21845.
Anggreni, Yosi Dwi, Festiyed Festiyed, and Asrizal Asrizal. “Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA.” PILLAR OF PHYSICS EDUCATION 12, no. 4 (2019). https://doi.org/10.24036/7912171074.
Darmasaputro, Adhi, and William Gunawan. “Hubungan Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier Dan Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa SMA.” Jurnal Psikologi 14, no. 1 (August 9, 2018): 1–11. https://doi.org/10.24014/jp.v14i1.5004.
Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya, 2013. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/17997/metode-penelitian-kuantitatif.html.
Jannah, Lina Miftahul. Metode Penelitian Kuantitatif. Rajawali Press, 2019.
Khasanah, Anita Nur. “PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA.” Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen 5, no. 1 (October 29, 2016). https://doi.org/10.21831/nominal.v5i1.11473.
Kurnia, Dede, Kusnendi Kusnendi, and Chairul Furqon. “PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT WIRAUSAHA.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 6, no. 2 (December 4, 2018). https://doi.org/10.24127/pro.v6i2.1690.
Mubin, Muhammad Nurul, Bintang Muhammad Nur Ikhasan, and Khamim Zarkasi Putro. “PENDEKATAN KOGNITIF-SOSIAL PERSPEKTIF ALBERT BANDURA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” edureligia 5, no. 1 (2021). ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia.
Puspitaningsih, Flora. “PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI MOTIVASI.” JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN 2, no. 2 (2014): 223–35. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p223-235.
Retnawati, Heri. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). 1st ed. Parama Publishing, 2016.
Suharianto, and Nurlaila Effendy. “Pengaruh Psychological Capital Terhadap Work Engagement Pada Dosen Di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.” EXPERIENTIA : Jurnal Psikologi Indonesia 3, no. 2 (2015): 23–34. https://doi.org/10.33508/exp.v3i2.905.
Suteja, Jaja. “Model Terapi Terhadap Perilaku Penyimpangan Transeksual Dalam Tinjauan Islam Dan Psikologi Pendidikan.” Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 4, no. 1 (October 12, 2016). https://doi.org/10.24235/edueksos.v4i1.650.
Syalis, Elprida Riyanny, and Nunung Nurwati Nurwati. “Analisis Dampak Pernikahan Dini Terhadap Psikologis Remaja.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 3, no. 1 (August 4, 2020): 29–39. https://doi.org/10.24198/focus.v3i1.28192.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Narastri Insan Utami; Santi Esterlita Purnamasari; Ekasari Shinta Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publishing your paper with Al FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam means that the author or authors retain the copyright in the paper. Al Ihkam granted an exclusive non commercial reuse license by the author(s), but the author(s) are able to put the paper onto a website, distribute it to colleagues, give it to students, use it in your thesis etc, so long as the use is not directed at commercial advantage or toward private monetary gain. The author(s) can reuse the figures and tables and other information contained in their paper published by FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam in future papers or work without having to ask anyone for permission, provided that the figures, tables or other information that is included in the new paper or work properly references the published paper as the source of the figures, tables or other information, and the new paper or work is not direct at private monetary gain or commercial advantage.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, and although their new works must also acknowledge & be non-commercial, they don’t have to license their derivative works on the same terms.
FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Open Access articles are distributed under this Creative Commons Attribution-Noncommercial 4.0 International License (CC BY-NC). Articles can be read and shared for noncommercial purposes under the following conditions:
BY: Attribution must be given to the original source (Attribution)
NC: Works may not be used for commercial purposes (Noncommercial)