VALIDASI MODUL PELATIHAN EFIKASI DIRI “I LOVE MYSELF”

Authors

  • Narastri Insan Utami Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Santi Esterlita Purnamasari Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Ekasari Shinta Anggraini Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Keywords:

Kecemasan Berbicara di Depan Umum, Efikasi Diri, Validasi Modul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan validasi modul efikasi diri “I Love Myself” sehingga menghasilkan alat intervensi yang baku untuk meningkatkan efikasi diri pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah modul efikasi diri “I Love Myself” valid. Subjek validasi empirik berjumlah 5 mahasiswa fakultas Psikologi angkatan 2015-2016 yang berusia 18 hingga 23 tahun.  Pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala kecemasan berbicara di depan umum  mengacu pada teori Rogers (2004), dan skala efikasi diri mengacu pada teori Bandura (1997) yang mengadaptasi skala  dari Barn, Schwarzer, dan Jerusalem. Analisis data menggunakan Aiken’s V dan Wilcoxon signed rank. Berdasarkan hasil perhitungan Aiken’s V diperoleh skor   0.67-1.00. hasil tersebut menunjukkan bahwa modul efikasi diri I Love Myself memiliki validasi isi yang baik.

References

Akbar, M. Dinullah, and Achmad Mujab Masykur. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII Sman 2 Mataram.” Jurnal EMPATI 7, no. 3 (June 27, 2020): 992–97. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21845.

Anggreni, Yosi Dwi, Festiyed Festiyed, and Asrizal Asrizal. “Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA.” PILLAR OF PHYSICS EDUCATION 12, no. 4 (2019). https://doi.org/10.24036/7912171074.

Darmasaputro, Adhi, and William Gunawan. “Hubungan Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier Dan Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa SMA.” Jurnal Psikologi 14, no. 1 (August 9, 2018): 1–11. https://doi.org/10.24014/jp.v14i1.5004.

Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya, 2013. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/17997/metode-penelitian-kuantitatif.html.

Jannah, Lina Miftahul. Metode Penelitian Kuantitatif. Rajawali Press, 2019.

Khasanah, Anita Nur. “PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA.” Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen 5, no. 1 (October 29, 2016). https://doi.org/10.21831/nominal.v5i1.11473.

Kurnia, Dede, Kusnendi Kusnendi, and Chairul Furqon. “PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT WIRAUSAHA.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 6, no. 2 (December 4, 2018). https://doi.org/10.24127/pro.v6i2.1690.

Mubin, Muhammad Nurul, Bintang Muhammad Nur Ikhasan, and Khamim Zarkasi Putro. “PENDEKATAN KOGNITIF-SOSIAL PERSPEKTIF ALBERT BANDURA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” edureligia 5, no. 1 (2021). ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia.

Puspitaningsih, Flora. “PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI MOTIVASI.” JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN 2, no. 2 (2014): 223–35. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p223-235.

Retnawati, Heri. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). 1st ed. Parama Publishing, 2016.

Suharianto, and Nurlaila Effendy. “Pengaruh Psychological Capital Terhadap Work Engagement Pada Dosen Di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.” EXPERIENTIA : Jurnal Psikologi Indonesia 3, no. 2 (2015): 23–34. https://doi.org/10.33508/exp.v3i2.905.

Suteja, Jaja. “Model Terapi Terhadap Perilaku Penyimpangan Transeksual Dalam Tinjauan Islam Dan Psikologi Pendidikan.” Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 4, no. 1 (October 12, 2016). https://doi.org/10.24235/edueksos.v4i1.650.

Syalis, Elprida Riyanny, and Nunung Nurwati Nurwati. “Analisis Dampak Pernikahan Dini Terhadap Psikologis Remaja.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 3, no. 1 (August 4, 2020): 29–39. https://doi.org/10.24198/focus.v3i1.28192.

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Insan Utami, N., Esterlita Purnamasari, S., & Shinta Anggraini, E. (2023). VALIDASI MODUL PELATIHAN EFIKASI DIRI “I LOVE MYSELF”. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 17(01). Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/6985

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.