Pendampingan Manajemen Program Pengembangan Karakter Berbasis Nilai-nilai Gerakan Pramuka di MAN Sampang

Authors

  • Munib Munib Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Badtuttamam Badtuttamam Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Moh. Faddol Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Muhammad Sahri Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Keywords:

manajemen, program pengembangan, nilai-nilai gerakan pramuka

Abstract

Pendampingan pengembangan karakter berbasis nilai nilai gerakan pramuka yang di dalamnya membahas tentang kurangnya karakter yang dititik beratkan kepada guru dalam membimbing anak didiknya yang dilandaskan dengan manajemen pengembangan peserta didik yang baik sehingga akan tercapai siswa yang memiliki jiwa karakter yang lebih baik di MAN Sampang. Hasil: pertama, perencanaan (Plaining) proses pengembangan karakter berbasis nilai-nilai gerakan pramuka menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan kepala sekolah yaitu bersama pembina dan guru ingin menerapkan siswa/siswi itu harus jujur, religius, toleransi, tanggung jawab, dan yang paling penting yaitu disiplin tidak hanya diterapkan kepada anggota pramuka saja tetapi kepada seluruh siswa/i MAN Sampang, dan tidak hanya diterapkan di dalam proses pembelajaran tetapi juga di luar proses pembelajaran non formal. Kedua, pelasanaan (Actuating) program pengembangan karakter berbasis nilai-nilai gerakan pramuka di MAN Sampang tidak sepenuhnya menjalankan masih ada kendala yakni masih ada anggota pramuka atau siswa/i yang gagal paham. Ketiga, mengevaluasi program pengembangan karakter berbasis nilai-nilai gerakan pramuka di MAN Sampang berjalan dengan lancar dikarenakan melihat perubahan yang menonjol dari siswa sebelum metode baru di terapkan

References

Aziz. AbdM.Pd. I Penganta Manajemendan Subtansi Administrasi Pendidikan, (Surabaya : Jl. Tales II No.1 2017)

Anwar ,Syaiful “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsaâ€, Jurnal Pendidikan Islam (Al-Tadzkiyyah), Vol. 7, No. 2 (November 2016)

Bambang SW Suyatno, Kembali Kegugus Depan, (SARBIKITA PUBLISHING, 2016)

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: PT Gramedia PU., 2008)

Hambali dan Mualimin. Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer, (Yongyakarta : IRCiSoD, 2020)

Hariyanto, Konsep Model Pendidikan Karakter (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012)

Kementerian Pendidikan Nasiaonal Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Jakarta: Gramedia 2011)

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)

Mustafi, Mohmmad Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan, (Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA)

Marno dan Triyo Supriyanto, Manajemen Dan Kepemimpinan Perndidikan Islam, (Bandung: PT Rafika Aditama)

Bahri Samsul dan Alam Sigit Fedrianto, Hubungan Kegiatan EkstrakurikulerPpramuka Dengan Tingka Religius.

Bambang SW Suyatno, Kembali Kegugus Depan, (SARBIKITA PUBLISHING, 2016)

Kementerian Pendidikan Nasiaonal Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Jakarta: Gramedia 2011)

Published

2023-02-01

How to Cite

Munib, M., Badtuttamam, B., Faddol , M., & Sahri, M. (2023). Pendampingan Manajemen Program Pengembangan Karakter Berbasis Nilai-nilai Gerakan Pramuka di MAN Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 27–41. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/6688

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.