Pendampingan Manajemen Program Pengembangan Karakter Berbasis Nilai-nilai Gerakan Pramuka di MAN Sampang
Kata Kunci:
manajemen, program pengembangan, nilai-nilai gerakan pramukaAbstrak
Pendampingan pengembangan karakter berbasis nilai nilai gerakan pramuka yang di dalamnya membahas tentang kurangnya karakter yang dititik beratkan kepada guru dalam membimbing anak didiknya yang dilandaskan dengan manajemen pengembangan peserta didik yang baik sehingga akan tercapai siswa yang memiliki jiwa karakter yang lebih baik di MAN Sampang. Hasil: pertama, perencanaan (Plaining) proses pengembangan karakter berbasis nilai-nilai gerakan pramuka menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan kepala sekolah yaitu bersama pembina dan guru ingin menerapkan siswa/siswi itu harus jujur, religius, toleransi, tanggung jawab, dan yang paling penting yaitu disiplin tidak hanya diterapkan kepada anggota pramuka saja tetapi kepada seluruh siswa/i MAN Sampang, dan tidak hanya diterapkan di dalam proses pembelajaran tetapi juga di luar proses pembelajaran non formal. Kedua, pelasanaan (Actuating) program pengembangan karakter berbasis nilai-nilai gerakan pramuka di MAN Sampang tidak sepenuhnya menjalankan masih ada kendala yakni masih ada anggota pramuka atau siswa/i yang gagal paham. Ketiga, mengevaluasi program pengembangan karakter berbasis nilai-nilai gerakan pramuka di MAN Sampang berjalan dengan lancar dikarenakan melihat perubahan yang menonjol dari siswa sebelum metode baru di terapkanReferensi
Aziz. AbdM.Pd. I Penganta Manajemendan Subtansi Administrasi Pendidikan, (Surabaya : Jl. Tales II No.1 2017)
Anwar ,Syaiful “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsaâ€, Jurnal Pendidikan Islam (Al-Tadzkiyyah), Vol. 7, No. 2 (November 2016)
Bambang SW Suyatno, Kembali Kegugus Depan, (SARBIKITA PUBLISHING, 2016)
Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: PT Gramedia PU., 2008)
Hambali dan Mualimin. Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer, (Yongyakarta : IRCiSoD, 2020)
Hariyanto, Konsep Model Pendidikan Karakter (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012)
Kementerian Pendidikan Nasiaonal Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Jakarta: Gramedia 2011)
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)
Mustafi, Mohmmad Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan, (Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA)
Marno dan Triyo Supriyanto, Manajemen Dan Kepemimpinan Perndidikan Islam, (Bandung: PT Rafika Aditama)
Bahri Samsul dan Alam Sigit Fedrianto, Hubungan Kegiatan EkstrakurikulerPpramuka Dengan Tingka Religius.
Bambang SW Suyatno, Kembali Kegugus Depan, (SARBIKITA PUBLISHING, 2016)
Kementerian Pendidikan Nasiaonal Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Jakarta: Gramedia 2011)