Pendampingan Manajemen Program Pengembangan Karakter Berbasis Nilai-nilai Gerakan Pramuka di MAN Sampang

Penulis

  • Munib Munib Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Badtuttamam Badtuttamam Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Moh. Faddol Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Muhammad Sahri Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Kata Kunci:

manajemen, program pengembangan, nilai-nilai gerakan pramuka

Abstrak

Pendampingan pengembangan karakter berbasis nilai nilai gerakan pramuka yang di dalamnya membahas tentang kurangnya karakter yang dititik beratkan kepada guru dalam membimbing anak didiknya yang dilandaskan dengan manajemen pengembangan peserta didik yang baik sehingga akan tercapai siswa yang memiliki jiwa karakter yang lebih baik di MAN Sampang. Hasil: pertama, perencanaan (Plaining) proses pengembangan karakter berbasis nilai-nilai gerakan pramuka menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan kepala sekolah yaitu bersama pembina dan guru ingin menerapkan siswa/siswi itu harus jujur, religius, toleransi, tanggung jawab, dan yang paling penting yaitu disiplin tidak hanya diterapkan kepada anggota pramuka saja tetapi kepada seluruh siswa/i MAN Sampang, dan tidak hanya diterapkan di dalam proses pembelajaran tetapi juga di luar proses pembelajaran non formal. Kedua, pelasanaan (Actuating) program pengembangan karakter berbasis nilai-nilai gerakan pramuka di MAN Sampang tidak sepenuhnya menjalankan masih ada kendala yakni masih ada anggota pramuka atau siswa/i yang gagal paham. Ketiga, mengevaluasi program pengembangan karakter berbasis nilai-nilai gerakan pramuka di MAN Sampang berjalan dengan lancar dikarenakan melihat perubahan yang menonjol dari siswa sebelum metode baru di terapkan

Referensi

Aziz. AbdM.Pd. I Penganta Manajemendan Subtansi Administrasi Pendidikan, (Surabaya : Jl. Tales II No.1 2017)

Anwar ,Syaiful “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsaâ€, Jurnal Pendidikan Islam (Al-Tadzkiyyah), Vol. 7, No. 2 (November 2016)

Bambang SW Suyatno, Kembali Kegugus Depan, (SARBIKITA PUBLISHING, 2016)

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: PT Gramedia PU., 2008)

Hambali dan Mualimin. Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer, (Yongyakarta : IRCiSoD, 2020)

Hariyanto, Konsep Model Pendidikan Karakter (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012)

Kementerian Pendidikan Nasiaonal Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Jakarta: Gramedia 2011)

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)

Mustafi, Mohmmad Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan, (Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA)

Marno dan Triyo Supriyanto, Manajemen Dan Kepemimpinan Perndidikan Islam, (Bandung: PT Rafika Aditama)

Bahri Samsul dan Alam Sigit Fedrianto, Hubungan Kegiatan EkstrakurikulerPpramuka Dengan Tingka Religius.

Bambang SW Suyatno, Kembali Kegugus Depan, (SARBIKITA PUBLISHING, 2016)

Kementerian Pendidikan Nasiaonal Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Jakarta: Gramedia 2011)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Munib, M., Badtuttamam, B., Faddol , M., & Sahri, M. (2023). Pendampingan Manajemen Program Pengembangan Karakter Berbasis Nilai-nilai Gerakan Pramuka di MAN Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 27–41. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/6688

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.