Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN NASKAH JURNAL EL-WASATHIYA

KETENTUAN PENGIRIMAN TULISAN

  1. Artikel yang dikirim di jurnal el-wasathiya belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam proses pengajuan untuk publikasi ke media lain dan tidak mengandung unsur plagiasi.
  2. Artikel yang dikirim di jurnal El-Wasathiya tentang studi agama, baik  hasil pemikiran maupun  hasil penelitian tentang masalah studi agama kontemporer di masyarakat, ide-ide asli, , dan ulasan buku-buku yang dipandang berkontribusi terhadap pengembangan studi dan pemikiran islam.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan kerapatan baris 1,5 spasi, font Times New Roman 12, ukuran kertas A4, margin atas 4 cm., bawah 3 cm., kiri 4 cm., dan kanan 3 cm, dan  untuk artikel berbahasa Arab ditulis dengan font Traditional Arabic 18, dengan kerapatan 1 spasi.
  4. Panjang artikel sejumlah 6000-7000 kata (sekitar 20 halaman) sudah termasuk gambar, grafik/ tabel (jika ada) dan daftar pustaka yang menyertainya.
  5. Artikel harus disertai dengan abstrak (150-200 kata) dalam bahasa Indonesia dan kata kunci (4-6 kata).
  6. Artikel dikirim melalui online submission Jurnal el-wasathiya dengan alamat
    http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/about/submissions (langsung klik daftar/register), atau kirim ke email: jurnalelwasathiya@gmail.com
  7. Semua artikel yang masuk ke redaksi akan melalui proses blind review oleh mitra bebestari setelah review oleh redaksi. Naskah yang dimuat akan disunting kembali oleh redaksi tanpa mengubah substansi isi.

 

 

 

 

  1. STRUKTUR ARTIKEL ILMIAJudul
  2. a. Judul hendaknya ringkas, efektif dan informative
  3. Jenis huruf times new roman 12 tebal, dengan jarak 1,5 spasi.
  4. Identitas Penulis
  5. Artikel disertai dengan identitas penulis yang meliputi: 1). Nama penulis tanpa gelar akademik ditulis dengan font times new Arabic 12 tebal. 2). Afiliasi kelembagaan penulis dan alamat lembaga ditulis dengan font times new Arabic 12, 3). Alamat email penulis ditulis dengan font times new Arabic 12, jarak 1,5 spasi.
  6. Nama penulis dan urutannya (jika lebih dari satu penulis) harus sudah disepakati oleh semua penulis.
  7. Abstrak
    1. Abstrak ditulis secara ringkas dan faktual, meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan simpulan.
    2. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia, panjang abstrak berkisar antara 150 - 200 kata dalam satu paragraf, huruf Times New Roman 12 di ketik miring (italic).
  8. Kata kunci
    1. Kata kunci terdiri atas 4 – 6 kata dan/atau kelompok kata.
    2. Kata-kata diketik miring (italic), antara kata kunci dipisahkan oleh titik dua (:)
  9. Pendahuluan
    1. PENDAHULUAN ditulis huruf besar, jarak 1,5 spasi dan ditebalkan.
    2. Pendahuluan hendaknya mengandung latar belakang masalah; hipotesis (bila ada), tujuan dan metode penelitian; umumnya artikel tidak terlalu ekstensif, sekitar 2 halaman 1,5 spasi; pendahuluan mengacu pada beberapa pustaka yang menjadi landasan teori atau alasan penelitian.
  10. Hasil dan pembahasan
    1. HASIL DAN PEMBAHASAN ditulis huruf besar, jarak 1,5 spasi dan ditebalkan.
    2. Sajian dalam hasil dan pembahasan ditulis secara bersistem, hanya hasil data/informasi yang terkait dengan tujuan penelitian; sederhanakan tabel dan menggunakan tabel terbuka, dan gambar peta lebih difokuskan pada objek yang diteliti serta jangan terlalu besar ukuran filenya serta rumit (diupayakan dalam format JPG); tabel dan gambar diberi nomor urut. Contoh penulisan tabel: Tabel 3.
    3. Penggunaan subjudul dalam pembahasan sesuai dengan keperluan pembahasan.
    4. Teknik pengutipan sumber rujukan menggunakan catatan kaki/footnote, menggunakan sistem sitasi Chicago Manual of Style 16th edition (full note) font Times New Roman 10, selengkapnya lihat contoh di ketentuan teknis penulisan catatan kaki.
  11. Penutup
    1. PENUTUP ditulis huruf besar, jarak 1,5 spasi dan ditebalkan.
    2. Penutup hendaknya merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian, dan diungkapkan bukan dalam kalimat stastistik.
  12. Daftar pustaka
    1. Daftar Pustaka ditulis dengan huruf besar, jarak 1,5 spasi dan ditebalkan
    2. Literatur yang dicantumkan dalam daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk atau dikutip dalam artikel.
    3. Sumber rujukan yang dirujuk dalam artikel, hendaknya merujuk dari salah satu atau beberapa artikel jurnal ilmiah.
    4. Artikel harus disertai dengan daftar pustaka

 

  1. KETENTUAN TEKNIS PENULISAN ARTIKEL
  2. Penulisan Kutipan
    1. Pengutipan rujukan dalam pembahasan hendaknya tidak terlalu panjang.
    2. Kutipan langsung kurang dari lima baris ditulis di antara tanda kutip lengkap bersatu dalam alinea dan dimiringkan (italic).
    3. Kutipan langsung lima baris atau lebih ditulis dalam alinea tersendiri tanpa tanda kutip. Posisi penulisan diberi indent lurus dengan baris awal alinea.
    4. Kutipan tidak langsung yaitu pengutipan sebuah teks yang disarikan dan dituliskan dalam kalimat sendiri, ditulis sebagai bagian dari alinea tanpa tanda kutip/tanda petik.
    5. Pengutipan hasil penelitian atau pendapat orang lain, sebaiknya menggunakan kutipan tidak langsung (menggunakan kalimat sendiri, bukan kalimat yang persis sama).
    6. Kutipan ayat Al-Quran dan Hadis dituliskan dengan huruf Arab sesuai teks aslinya, termasuk tanda-tanda bacanya, dengan menggunakan Font Traditional Arabic 16 cetak tebal. Ayat Al-Quran ditulis lengkap dengan nama dan nomor surah serta nomor ayat, sedangkan Hadis ditulis lengkap sanad dan rawinya serta dilengkapi footnote yang berisi: Nama kitab, jilid, bab, nomor hadis dan halaman.
    7. Khusus pengutipan ayat Al-Quran yang tidak lengkap dalam satu ayat, diberi tanda titik tiga buah sebelum atau sesudahnya.
    8. Anotasi (keterangan pendek) ditulis di antara dua kurung besar [ …] langsung setelah ungkapan atau kalimat yang diberi anotasi. Anotasi yang melebihi satu baris ditulis sebagai catatan kaki.
    9. Kutipan dari ayat-ayat Al-Quran tidak diperlukan catatan kaki karena nama dan nomor surah serta nomor ayat telah dituliskan dalam ayat yang dikutip.
  1. Penulisan Catatan Kaki dan Daftar Pustaka

dalam penulisan catatan kaki dan daftar pustaka, disarankan menggunakan aplikasi pengutipan standart misalnya Zotero, Mendeley, Endnote, dan sebagainya dan sebagainya dengan Style Chicago Manual 17th (Fullnote).