POLA KELEMBAGAAN BANK SYARI’AH DALAM MANAJEMEN BISNIS ISLAMI

  • Khoirun Nisa' Dosen STAI Madiun

Abstract

Untuk menjawab tantangan zaman sebagai umat Islam ingin menawarkan dan melaksanakan aktivitas keduniaan berdasarkan atura-aturan Islam yang sesuai dalam Al-Qur’an Hadits dan bersifat rahmatal lil’alamin. Pola kelembagaan bank syari’ah dalam manajemen bisnis Islam ini meliputi pengertian manajemen, unsur-unsur manajemen antara lain: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Terkait dengan fungsinya sebagai lembaga keuangan yang menghimpun dana dan menyalurkannya kembali pada masyarakat maka setidaknya lembaga keuangan seperti bank harus mampu menjalankan peran pemasaran, manajemen Sumber Daya Manusia Insani, manajemen Keuangan dan manajemen resiko yang baik. Dalam bisnis Islam ada prinsip dasar bisnis Islam antara lain: saling ridha, barang halal, bukan judi, menjauhi riba, tidak mengurangi timbangan, dilarang bersumpah, tidak manipulasi, tidak menimbun barang, bukan bisnis asusila dan menunaikan zakat, dan strategi bisnis dengan cara membangun jaringan bisnis, marketing yang bagus, membangun brand, inovasi, kualitas produk, SDM dan manajemen yg baik yang bisa mengiring kelembagaan bank syari’ah. Oleh karena itu pola kelembagan bank syari’ah dalam manajemen bisnis Islam ini diharapkan mampu menjadi acuan bagi umat Islam untuk mengembangkan dan memajukan perekonomian umat

References

Al Fajar, Siti dan Tri Heru. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Dasar Meraih Keunggulan Bersaing, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Antonio, M. Syafi’i. 2002. Bisnis Dan Perbankan Dalam Perspektif Islam, Bank Syari’ah. Yogyakarta: EKONISIA Fakultas Ekonomi UII.

Herujito,Yayat M. 2001. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Partanto, Pius A. & M. Dahlan Al Barry. 1994. Kamus Ilmiah Popular. Surabaya: ARKOLA.

Ramdan, Anton. 2013. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Bee Media Indonesia.

Sumar’in. t.t. Konsep Kelembagaan Bank Syari’ah. Graha Ilmu.

Sunarto. 2005. Manajemen Pegawai. Yogyakarta: Amus Yogyakarta dan Aditya Media.

Tinjung, Desy Nursanti. 2002. Strategi Terintegrasi dalam Perencanaan Sumber Daya Manusia yang efektif; Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Jogjakarta: AMARA BOOKS.
Published
2013-06-13
How to Cite
Nisa’, K. (2013). POLA KELEMBAGAAN BANK SYARI’AH DALAM MANAJEMEN BISNIS ISLAMI. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 1(1), 69-91. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v1i1.1663
Section
Articles