LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

  • Jepri Nugrawiyati Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Pembelajaran yang efektif perlu didukung oleh penggunaan media pembelajaran yang memadai. Selain berfungsi sebagai alat bantu bagi guru dalam mengajar, media pembelajaran juga dapat menjadi alat bantu bagi siswa agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang dipelajari. Untuk menigkatkan hasil belajar, maka media pembelajaran perlu dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa, termasuk di dalamnya adalah media lingkungan sekitar sebagai media dan sekaligus sumber belajar. Untuk memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran terdapat beberapa metode, diantaranya adalah karya wisata, manusia sumber, survei desa, pengabdian sosial dan berkemah. Dalam pelaksanaan beberapa metode tersebut diperlukan adanya prosedur atau langkah-langkah pelaksanaan, seperti perencanaan dan persiapan. Adapun jenis lingkungan sebagai media pembelajaran adalah lingkungan sosial masyarakat, lingkungan alam dan lingkungan buatan.

 

Kata Kunci: Lingkungan, Media Pembelajaran

References

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asrori, Imam. 2015. Media Pembelajaran Bahasa Arab –Dari Kartu Sederhana Sampai Web Penjelajah Dunia-. Malang: Bintang Sejahtera.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamid, M. Abdul, dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab; Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Malang: UIN Maliki Press.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujib, Fathul. 2011. Metode Permainan-permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press.

Rosyidi, Abdul Wahab. 2012. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Rusyan, A.Tabrani. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soeparno. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Klaten: Intan Pariwara.
Published
2016-08-27
How to Cite
Nugrawiyati, J. (2016). LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 3(1), 37 - 47. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v3i1.2005
Section
Articles