PENGAJARAN KOMUNIKATIF KONTEKSTUAL DALAM KONTEKS PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

  • Tina Zulfa Suryani Institut Sunan Giri (INSURI) Ponorogo

Abstract

Abstrak: Salah satu tugas guru dalam pembelajaran adalah menciptakan pembelajaran yang efektif. Karena dengan tercapainya pembelajaran yang efektif akan menghasilkan lulusan yang bermutu. Dan dalam menciptakan pembelajaran yang efektif ini diperlukan perencanaan yang optimal. Perencanaan yang optimal ini akan terwujud apabila guru memahami betul terkait prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran. Aspek perencanaan ini mencakup berbagai komponen pembelajaran yakni mencakup aspek berbagai instrument pembelajaran, di antaranya adalah perencanaan dalam model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai merupakan salah satu aspek yang berpengaruh dalm menciptakan mutu lulusan. Model pembelajaran komunikatif kontektual dipandang sebagai salah satu model yang sesuai dalam pembelajaran bahasa arab. Mengingat pembelajaran ini merupakan salah satu model pembelajaran yang memperhatikan prinsip belajar bahasa yakni mencakup aspek: (1) kebermaknaan  (meaningfull) dalam setiap bentuk bahasa yang dipelajari, (2)  bentuk, ragam dan makna bahasa sangat terkait dengan situasi dan konteks berbahasa.

Kata kunci: Perencanaan Pembelajaran, Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Komunikatif Kontekstual

References

Daftar Pustaka
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Azies, Furqanul dan Chaedar Al Wasilah. 2000. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Roesdakarya.

Hermawan, H. A., dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: UPI Press.

Jumhana, Nana. Perencaan Pembelajaran. 2008. Bandung: UPI Press.

Pusat Bahasa DEPDIKNAS. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bandung: Ghalia Indonesia.

Syukur Ghazali, A. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif Interaktif. Malang: PT Refika Aditama.

Undang- undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

www.dheanurulagustina.blogspot.com
Published
2016-12-27
How to Cite
Suryani, T. Z. (2016). PENGAJARAN KOMUNIKATIF KONTEKSTUAL DALAM KONTEKS PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 4(2), 225 - 238. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v4i2.2641
Section
Articles