PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI BELAJAR KEWARGANEGARAAN MATERI MEMAHAMI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI) MELALUI MULTI METODE DAN PENDEKATAN INQUIRY SISWA KELAS X-MM-2 SMKN 1 WONOASRI

  • Kadarismanto Kadarismanto

Abstract

Abstrak: Inovasi pembelajaran untuk memahami teori secaramendalam melalui pengalaman belajar dengan life skill (kecakapanhidupnya). Pengalaman belajar Kewarganegaraan dapat dilaksanakan didalam maupun di luar kelas dengan metode CTL (Contextual Teachingand Learning). Siswa diharapkan ikut aktif. Sasaran akhirnya adalahmendorong siswa agar berpartisipasi sebagai warga negara yang efektifdan bertanggungjawab, berfikir kritis, terlibat kegiatan problem solvingdan inquiri, serta teknik belajar kooperatif. Pendekatan inquiry ataupendekatan penemuan mendorong dan mengarahkan siswa untukmelibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran denganmelakukan kegiatan penelitian sederhana. Pendekatan ini berpolakankegiatan pencarian untuk menemukan sesuatu. Berdasarkan data-datayang berhubungan dengan motivasi berprestasi yang diuraikan di atas,maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakanmulti metode berpendekatan inquiry dapat meningkatkan motivasiberprestasi. Inquiry dan multi metode dapat meningkatkan motivasiberprestasi siswa dalam pembelajaran Kewarganegaraan siswa kelasX-MM-2 SMKN 1 Wonoasri, Kabupaten Madiun tahun ajaran2016/2017.
Published
2018-04-16
How to Cite
Kadarismanto, K. (2018, April 16). PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI BELAJAR KEWARGANEGARAAN MATERI MEMAHAMI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI) MELALUI MULTI METODE DAN PENDEKATAN INQUIRY SISWA KELAS X-MM-2 SMKN 1 WONOASRI. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(2), 123-158. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3355
Section
Articles