MODEL PENGAJARAN BERBASIS MASALAH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN KETRAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET PADA SISWA KELAS X-IL.1

  • Salimun Salimun

Abstract

Abstrak: Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlumendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, danmembahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu“mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan caramereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkanketerampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yangtelah mereka dapatkan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan(action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empattahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi.Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X-IL.1. Data yang diperolehberupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalamipeningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64.71%),siklus II (88.24%), siklus III (100%). Simpulan dari penelitian iniadalah pembelajaran kontekstual berbasis masalah dapat berpengaruhpositif terhadap prestasi belajar Siswa SMK Negeri 1 Wonoasri, sertamodel pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatifpembelajaran Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi.
Published
2018-04-16
How to Cite
Salimun, S. (2018, April 16). MODEL PENGAJARAN BERBASIS MASALAH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN KETRAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET PADA SISWA KELAS X-IL.1. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(2), 159-190. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3356
Section
Articles