PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI-TBS2 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SMK NEGERI 1 WONOASRI

  • Endah Wahyu Hariyani

Abstract

Abstrak: Keberhasilan suatu pembelajaran tergantung siswa dandari guru serata kemampuannya untuk dapat menyampaikan bahanpembelajaran kepada siswa dengan baik. Untuk itu guru perlumendapat pengetahuan tentang materi pelajaran serta cara yang dapatdigunakan dalam mengajarkan materi pelajaran tersebut. Permasalahanyang dihadapi di kelas XI-TBs2 adalah prestasi belajar siswa kurang,yang dapat diketahui dari nilai rata-rata ulangan hanya 7,00 ini masihdi bawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 7,50. Bertitik tolak padapermasalahan tersebut diatas, maka penelitian tindakan ini bertujuanuntuk memotivasi guru dan siswa agar dalam proses belajaran mengajarMatematika dapat berlangsung dengan senang dan gemar denganpendekatan konstruktivisme melalui model pembelajaran DiscoveryLearning, agar siswa memiliki konsep dasar matematika serta sikapdisiplin, kerja keras, ingin tahu, dan memecahkan masalah untukmenyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di sekelilingnya.Secara praktis penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi rekan-rekanguru SMK dalam mengatasi Proses Belajar Mengajar (PBM) terutamadalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran Matematika demipeningkatan mutu pendidikan kita. Dari keseluruhan siklus dalampenelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Sebelummenggunakan metode pembelajaran rata-rata kelas dari 72.68 Setelahmenerapkan pembelajaran dengan model Discovery Learning, 75.74 padaEndah Wahyu Hariyani228 El-Wasathiya: Jurnal Studi Agamasiklus I, dan menjadi 77.93 pada siklus II. Ketuntasan individu sebelummenerapakan pembelajaran dengan model Discovery Learning adalah 13orang, menjadi 27 orang pada siklus I, dan menjadi 28 orang pada siklusII. Ketuntasan klasikal sebelum menerapkan pembelajaran dengan modelDiscovery Learning dengan adalah 40.62%, menjadi 87.09 % pada siklusI, dan menjadi 87.1% pada siklus II. Berdasarkan uraian data tersebut,dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model DiscoveryLearning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Published
2018-04-16
How to Cite
Hariyani, E. (2018, April 16). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI-TBS2 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SMK NEGERI 1 WONOASRI. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(2), 227-278. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3358
Section
Articles