تعليم الكتابة : أهدافه، و عناصره، وتقنياته

  • Wildan Nafi'i

Abstract

Abstrak: Menulis merupakan kemahiran puncak dalam berbahasa setelah seseorang berhasil menguasai kemahiran menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Sebagaimana kemahiran berbicara, menulis merupakan kemahiran bahasa aktif yang menghasilkan buah pikiran atau gagasan. Berbeda dengan kemampuan menyimak atau membaca, yang merupakan kemampuan berbahasa pasif. Tujuan dari pelajaran menulis sendiri yaitu agar pembelajar mampu mengungkapkan berbagai pikirannya dalam tulisan, memperbaiki kemampuan berkomunikasi dalam tulisan, dan juga agar mampu menggunakan bahasa Arab dalam beragam konteks narasi tulis. Cakupan kemahiran menulis meliputi bagaimana menuliskan huruf yang dibuyikan, membedakannya, menyambungnya sesuai kaidah, membuat rangkuman, hingga menuangkan gagasan bebas dalam tulisan. Untuk mencapai itu, perlu diperhatikan beberapa asas, seperti keterpahaman akan kaidah imla’ insya’, pemahaman akan tema aktual yang didalami, juga ketekunan dan ketelatenan siswa dalam menganalisis tulisannya dari kesalahan dan kekurangan. Teknik Pembelajaran menulis dimulai dengan mengenalkan huruf beserta bunyi dan lambangnya (tulisannya), pembiasaan menggores, membedakan tulisan dari bunyinya, menyalin (imla’ manqul), mempelajari kaidah imla’ hingga sampai pada tahapan imla’ mandzur dan imla’ ikhtibary. Kata Kunci: Pembelajaran menulis, Tujuan, Unsur cakupan, Teknik.
Published
2019-08-05
How to Cite
Nafi’i, W. (2019, August 5). تعليم الكتابة : أهدافه، و عناصره، وتقنياته. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 7(1), 111-114. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3522897
Section
Articles