PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF DAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA TUNAGRAHITA KELAS XI

  • Kristiana Rizqi Rohmah

Abstract

Siswa tunagrahita merupakan siswa dengan kekurangan IQ yang dapat
menghambat perkembangan otak. Siswa tunagrahita memiliki beberapa klasifkasi
yaitu; ringan, sedang, berat. Klasifkasi tersebut berdasarkan tingkat IQ siswa.
Pada sekolah yang peneliti gunakan sebagai bahan penelitian, siswa tunagrahita
yang ada termasuk dalam tunagrahita sedang. Jadi, mereka tidak perlu penanganan
yang terlalu serius karena sebenarnya mereka sedikit demi sedikit masih bisa
memahami pembelajaran yang diberikan guru. Tetapi, pembelajaran tersebut akan
membuat mereka bingung kalau tidak diberikan contoh yang membuat mereka
tertarik dengan pembelajaran. Salah satunya dengan metode kooperatif dan
media komputer. Guru bisa menggunakan kedua alat tersebut untuk membuat
siswa menjadi aktif dan bisa mengikuti instruksi guru. Memang benar hasil yang
ditunjukkan, siswa mengalami peningkatan dalam hal keaktifan dan nilainya.
Meskipun mungkin nilai yang diperoleh tidak sebagus siswa normal tetapi dengan
siswa mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir dan bisa mengikuti inetruksi
guru dengan benar sudah menunjukkan bahwa siswa tersebut mampu dan berhak
mendapat nilai. Masalah angka itu tidak perlu diperdebatkan, karena dari segi IQ
nya saja juga sudah berbeda.

Published
2020-03-24
How to Cite
Rohmah, K. R. (2020). PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF DAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA TUNAGRAHITA KELAS XI. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 7(2), 191-208. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v7i2.3830
Section
Articles