ASAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB (SOSIAL BUDAYA, PSIKOLOGIS, KEBAHASAAN DAN PENDIDIKAN)

  • Dicky Iqbaluddin
  • Aufia Aisa

Abstract

Abstrak: Hingga saat ini, materi pengajaran bahasa Arab yang dikembangkan dan digunakan secara luas di Indonesia secara umum adalah bahan pengajaran yang digunakan di madrasah/sekolah di Timur Tengah. Jadi bahan ajar adalah hasil dari pengembangan bahan pengajaran bahasa Arab dengan jumlah yang tidak begitu banyak. Selagi tuntutan untuk inovasi dan pengembangan bahan pengajaran bahasa Arab, hari ini terus bergulir, sejalan dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, tuntutan adanya bahan ajar bahasa Arab yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya berkembang di sebagian peserta didik, terutama mereka yang berlatar belakang pendidikan umum. Dengan demikian, seseorang perlu memiliki kompetensi sebagai seorang guru dalam menjalankan tugasnya untuk mengembangkan bahan ajar. Pengembangan bahan ajar yang dilakukan oleh seorang guru itu penting agar pembelajaran lebih efektif, efsien, dan tidak menyimpang dari kompetensi yang dicapai. Bahan ajar bahasa Arab dapat dikembangkan melalui langkahlangkah berikut: a) analisis, b) desain, c) penulisan dan persiapan bahan, d) evaluasi, e) revisi.

Published
2020-06-20
How to Cite
Iqbaluddin, D., & Aisa, A. (2020). ASAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB (SOSIAL BUDAYA, PSIKOLOGIS, KEBAHASAAN DAN PENDIDIKAN). El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 8(1), 99-112. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v8i1.3933
Section
Articles