STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLB-A PEMBINA TINGKAT NASIONAL JAKARTA

  • Asep Syahrul Mubarok Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta
pada jenjang Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB-A). Adapun
jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
studi dokumentasi. Sementara pemeriksaan atau pengecekan keabsahan
datanya menggunakan prosedur cek ulang secara cermat, ketekunan
pengamatan, dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data melalui
empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi pembelajaran PAI telah dilaksanakan dengan baik sesuai
dengan visi misi sekolah melalui kegiatan pembelajaran dan kegiatan
keagamaan di sekolah. Strategi yang digunakan oleh guru PAI tersebut
meliputi strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak
langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran
pengalaman, dan strategi pembelajaran mandiri yang dilaksanakan
melalui beragam metode dan teknik pembelajaran. Dari kelima strategi
tersebut, strategi pembelajaran langsung merupakan strategi yang paling
banyak digunakan. Dalam penerapannya, terdapat perbedaan strategi
pembelajaran yang diterapkan guru PAI terhadap siswa yang satu
dengan yang lainnya. Hal ini mengacu pada kondisi fisik dan psikologis
siswa.

Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, PAI, SLB-A, Tunanetra

Published
2020-12-21
How to Cite
Mubarok, A. S. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLB-A PEMBINA TINGKAT NASIONAL JAKARTA. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 8(2), 160-179. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/4232
Section
Articles