PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DENGAN METODE TIM KUIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KKY 1 MATERI MENYIAPKAN PROSES KONSTRUKSI KAYU PADA SMK NEGERI 1 WONOASRI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Sutomo Sutomo

Abstract

Abstrak: Penerapan pembelajaran dikelas X KKy 1 SMKN 1 Wonoasri
menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa perlu ditingkatkan.
Berdasarkan data angket, nilai rata-rata motivasi belajarnya 59,74. Data
dari guru menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa 60,32. Berangkat
dari permasalahan tersebut peneliti menerapkan suatu pembelajaran
yang mengaktifkan siswa yaitu pembelajaran Aktif, Kreatif, efektif dan
Menyenangkan (PAKEM) dengan metode tim kuis yang bertujuan untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dengan sasaran kelas X KKy SMKN 1 Wonoasri
sebanyak 31 siswa. Analisis yang digunakan adalah teknik kualitatif yang
modelnya adalah teknik analisis interaktif. Setelah implementasi, nilai
rata-rata hasil belajar kognitif siswa yaitu siklus I sebesar 67,16 dan
siklus II sebesar 74,13. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa mengalami
peningkatan yaitu siklus I sebesar 63,42 dan siklus II sebesar 76,09.
Nilai hasil belajar afektif siswa juga mengalami peningkatan dari 60,23%
pada siklus I menjadi 69,35% pada siklus II, sedangkan nilai kualitas
pelaksanaan pembelajaran meningkat dari 76,92% pada siklus I menjadi
82,62% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan
bahwa penerapan pembelajaran Aktif, Kreatif, efektif dan Menyenangkan
(PAKEM) dengan metode tim kuis dapat meningkatkan motivasi, hasil
belajar kognitif dan hasil belajar afektif siswa.

Published
2018-04-16
How to Cite
Sutomo, S. (2018). PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DENGAN METODE TIM KUIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KKY 1 MATERI MENYIAPKAN PROSES KONSTRUKSI KAYU PADA SMK NEGERI 1 WONOASRI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(2), 191-226. https://doi.org/10.5281/zenodo.3523456
Section
Articles