PENGARUH PERILAKU MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN ZAKAT (Studi Analisis Pegawai di Lingkungan Pengadilan Agama Gresik)

  • niswatun hasanah
Keywords: Perilaku muzakki, Pemahaman zakat profesi, Metode purposive sampling

Abstract

Perilaku muzakki dalam membayar zakat merupakan cara muzakki dalam menunaikan kewajiban atas harta yang ada pada dirinya sebagai seorang muslim. Para pegawai yang bekerja di lingkungan Pengadilan Agama terutama PA Gresik pastinya mempunyai pengetahuan dan pemahaman mengenai Hukum Zakat terutama zakat profesi karena hal itu merupakan ruang lingkup Hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode korelasional (Correlational Study) karena untuk menaksir hubungan dan bukan sekedar deskripsi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. pemahaman seseorang mengenai zakat itu tidak dapat diukur hanya dengan faktor perilakunya saja tetapi masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi pemahaman seseorang itu.

Published
2019-08-23
How to Cite
hasanah, niswatun. (2019). PENGARUH PERILAKU MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN ZAKAT (Studi Analisis Pegawai di Lingkungan Pengadilan Agama Gresik). Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine), 5(2), 196-212. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qiema/article/view/3454
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)