Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius Di SMP Muhammadiyah 2 Malang
Authors
Aji Dwi Yanto
Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords:
Internalisasi, Pendidikan Karakter, Nilai Karakter Religius
Abstract
Berbagai fenomena krisis moralitas yang terjadi pada remaja menggambarkan bahwa bangsa ini berada di ambang kehancuran. Oleh karena itu, dalam Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 menjelaskan bahwa fungsi dan tujuan pendidikan adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia. Dalam mencapai tujuan tersebut, sekolah mengembangkan program Bimbingan Mental dan Spiritual (BIMENSI) sejak tahun 2010 dan pada tahun 2016 SMP Muhammadiyah 2 Malang terpilih sebagai salah satu dari tiga SMP di Malang untuk mengikuti Penguatan Pendidikan Karakter di Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter religius di SMP Muhammadiyah 2 Malang mendapat prioritas di atas penguatan nilai-nilai pendidikan karakter lainnya. Karena nilai karakter religius adalah nilai yang diambil dari ajaran agama Islam, yang mengandung nilai-nilai tentang keyakinan, ibadah, sopan santun, dan halal-haram. Sehingga dengan menginternalisasikan nilai-nilai karakter religius pada diri siswa diharapkan akan mudah untuk menginternalisasikan nilai-nilai kebaikan lainnya. Adapun model implementasi, dari ketiga model yang dihadirkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan SMP Muhammadiyah 2 Malang hanya sebatas implementasi melalui model penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah.