Optimalisasi Pengelolaan Kelas Berbasis Nilai-Nilai Islam dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Sekolah
Kata Kunci:
Islam, Kelas, PembelajaranAbstrak
Effective classroom management is an important challenge in the world of modern education, especially in shaping a generation that is both intellectually intelligent and has noble character. This article discusses the integration of Islamic values, such as honesty, justice, compassion and responsibility, in classroom management to create a conducive and spiritually valuable learning environment. Using a descriptive qualitative approach with literature review techniques, this article identifies strategies for implementing Islamic values through structuring the learning environment, developing educational interactions, implementing character-based discipline, and optimizing educational technology. The results of the discussion show that despite challenges such as resistance to change and limited facilities, the integration of Islamic values that is strategically designed and consistent can improve learning effectiveness. Thus, Islamic value-based classroom management can be an innovative solution in building a generation with strong moral and spiritual principles. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan tantangan penting dalam dunia pendidikan modern, terutama dalam membentuk generasi yang cerdas secara intelektual sekaligus berkarakter mulia. Artikel ini membahas pengintegrasian nilai-nilai Islam, seperti kejujuran, keadilan, kasih sayang, dan tanggung jawab, dalam pengelolaan kelas untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan bernilai spiritual. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik kajian pustaka, artikel ini mengidentifikasi strategi implementasi nilai-nilai Islam melalui penataan lingkungan belajar, pengembangan interaksi edukatif, penerapan kedisiplinan berbasis karakter, serta optimalisasi teknologi pendidikan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa meskipun terdapat tantangan seperti resistensi terhadap perubahan dan keterbatasan fasilitas, integrasi nilai-nilai Islam yang dirancang secara strategis dan konsisten mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan demikian, pengelolaan kelas berbasis nilai Islam dapat menjadi solusi inovatif dalam membangun generasi yang berkarakter dan memiliki prinsip moral serta spiritual yang kuat.##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Al-Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan (ISSN : 2549-9157xx) dan (EISSN: 2579-3543xx) diterbitkan oleh Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) STID Raudlatul Iman (STIDAR) Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman Sumenep Madura. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Kajian Dakwah, Interaksi sosial. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Maret dan september