Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia (Studi tentang Pembaharuan Sistem Pendidikan Islam: Pesantren dan Madrasah)
Kata Kunci:
pembaharuan, pendidikan Islam, pesantren, madrasahAbstrak
Pembaharuan pendidikan Islam adalah topik yang selalu hangat untuk diperbincangkan. Adalah pesantren yang merupakan representasi bentuk institusi pendidikan Islam pertama dan khas Nusantara dan juga madrasah sebagai metamorfosa pendidikan Islamdan tumbuh dari benih pesantren dengan mengadopsi bentuk pengkajian formal untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan dinamika zaman.Gaung pembaharuan Islam yang dibawa oleh para reformis yang berinteraksi dengan khazanah keilmuan dari Timur Tengah dan juga sebagai bentuk ‘tandingan’ terhadap modernisasi pendidikan yang dibawa oleh penjajah Belanda, menimbulkan sikap yang beragam dari institusi Islam tertua yakni pesantren. Ada yang dengan tegas menolak dengan tetap mempertahankan ciri khasnya yang awal mula, dan banyak pula yang mengakomodasi bentuk- bentuk pembaharuan ke dalam sistem pendidikan di pesantrennya dengan tetap berpijak pada pijakan dasarnya yakni khazanah keilmuan klasik. Bentuk- bentuk pembaharuan pada pesantren dan madrasah dapat dilihat dalam modernisasi kurikulum pendidikan pesantren dan madrasah serta rekonstruksi pada manajerial/ pengaturan pesantren dan madrasah. Pada kesimpulannya, dapat dikatakan bahwa gagasan pembaharuan da modernisasi merupakan bagian inheren dari perkembangan madrasah saat itu dan hingga saat ini. Pembaharuan pendidikan Islam di pesantren dan madrasah adalah salah satu perwujudan hasrat umat Islam untuk melangkah pada dunia baru yang disebut dengan alam modern dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kebenaran di dalam Islam. The renewal of Islamic education is a topic that is always hot to discuss. A boarding school that represent the shape of the first Islamic educational institutions and typical of the archipelago and also madrassas as a metamorfos study of Islam and grow from seed boarding adopts a formal assessment to address the society and the dynamics of the times . The echoes of Islamic renewal brought by reformers who interacted with scientific treasures from the Middle East and also as a form of 'counterpoint' to the modernization of education brought by the Dutch colonialists, gave rise to diverse attitudes from the oldest Islamic institution, namely the pesantren. There are those who resolutely refuse while maintaining their initial characteristics of Nusantara, and there are also many who accommodate reforms into the education system in their pesantren while remaining based on their basic foundation, namely the treasures of classical scholarship. Forms the shape of renewal on pesantren and madrasah legitimately can be seen in the modernization of curriculum education Islamic schools and rekonstruk the at managerial / settings Islamic schools. In conclusion, it can be said that the idea of renewal and modernitation is inheren part of development madrasah then and until today. Renewal of Islamic education in schools and madrasah legitimate is one manifestation of the desire of Muslims to step into a new world called nature modern to stay true to the values of truth in Islam.##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2021-09-16 (2)
- 2021-09-16 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Al-Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan (ISSN : 2549-9157xx) dan (EISSN: 2579-3543xx) diterbitkan oleh Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) STID Raudlatul Iman (STIDAR) Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman Sumenep Madura. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Kajian Dakwah, Interaksi sosial. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Maret dan september