Peran Bajingan dalam Masyarakat (Kajian Peran Bajingan dalam Komunikasi Interpersonal Masyarakat Untuk Menumbuhkan Kesadaran Sosial di Desa Pragaan Daya)

Penulis

  • Triswanto

Kata Kunci:

Bajingan, Interpersonal, Masyarakat

Abstrak

Research on ruffians in the community in Praga Daya village is very interesting to study. One of the habits of the Praga Daya community that has survived to this day is carok. The definition of Carok is seen as a way so that the person is not underestimated and to gain superiority. The formulations of the problems of this research include, the first is how the existence of ruffians in the Praga Daya community, the second, what are the steps to fostering social awareness in interpersonal communication about bastards, because the aim of the researcher is to change people's perceptions of bastards. So the research method that I use is descriptive qualitative research, the data collected comes from the results of interviews, observations, and documentation. After the data has been collected, the next step is to analyze the data with an interpersonal approach, with the analysis stage, namely data reduction, data presentation, then it can draw conclusions from the research results. Penelitian tentang bajingan yang ada didalam masyarakat di desa Pragaan Daya sangat menarik untuk dikaji. Salah satu kebiasaan masyarakat Pragaan Daya yang tetap bertahan hingga saat ini adalah carok. Pengertian Carok dipandang sebagai suatu cara agar orang tersebuat tidak dianggap sebelah mata dan untu memperoleh kedigdayaan. Rumusan masalah dari penelitian ini diantaranya, yang pertama bagaimana eksistensi bajingan dalam masyarakat Pragaan Daya, yang kedua apa saja langkah-langkah menumbuhkan kesadaran sosial masyarakat dalam komunikasi interpersonal tentang bajingan, karena tujuan peneliti untuk mengubah persepsi masyarakat tentang bajinagan. Maka metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisis data dengan pendekatan interpersonal, dengan tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data barulah bisa menarik kesimpulan dari hasil penelitian.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-29

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.