Peran Guru Ta’limul Muta’allim dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Kelas 1 MTs An-Najah I Karduluk Pragaan Sumenep

Penulis

  • Kholidi
  • Muhammad Nurul Yaqin

Kata Kunci:

Peran Guru, Akhlakul Karimah, Ta’limul Mutaallim

Abstrak

This research is motivated by the crucial role of teachers in students' education at school. However, some children still exhibit behaviors that do not reflect good morals or the formation of akhlakulkarimah. This study aims to gain deeper insights into the role of Ta’limulMuta’allim teachers. The researcher employs a qualitative field approach, utilizing methods such as interviews, observations, and documentation. The data collected from these methods are then processed and analyzed to obtain information. The subjects of this research include Ta’limulMuta’allim teachers, students, class guardians, and the school principal. To ensure data validity, the researcher uses source triangulation and technique triangulation. The findings indicate that teachers provide knowledge, serve as role models, and establish routines for students. This enables teachers to facilitate students' needs, deepen their understanding of the lessons taught, and assess their progress toward embodying akhlak that reflects the values of AkhlakulKarimah, such as increased faith and improved worship practices. Penelitian ini di latar belakangi oleh seorang guru yang berperan penting dalam pendidikan siswa di sekolah akan tetapi meski demikian ada beberapa anak yang masih menunjukkan sikap atau watak yang tidak mencerminkan akhlak yang baik atau perilaku yang di perlihatkan tida menunjukkan terbentukya akhlakul karimah. Penelitian ini Untuk mengetahui lebih dalam tentang peran guru Ta’limul Muta’allim ini, maka peneliti menggunakan pendektan kualitatif lapangan, adapun metode yang digunakan ialah metode wawancara, observasi dan dokumentasi.dari metode ini kemudian peneliti olah dan analisis untuk memperoleh data tau informasi. Subek penelitian ini di ambil dari guru Ta’limul Muta’allim, siswa, wali kelas serta kepala sekolah.untuk keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwasanya gruru memberikan pengetahuan, menjadikan diri sendiri sebagai contoh dam melakukan pembiasaan pada siswa, sehingga nanti guru dapat menfasilitasi kebutuhan siswa, dan dapat memahami lebih lanjut pembelajaran yang akan di ajarkan, serta mampu menjadi penilai bagi siswa agar memiliki akhlak yang lebih baik yang mencerminkan nilai Akhlakul Karimah seperti bertambahnya keimanan, serta mampu melaksanakan ibadah yang lebih baik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-05

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.