Integration of Islamic Boarding School and Madrasah Education from the Perspective of Kiyai Muhammad Syamsul Arifin

Penulis

  • Muhsin Muis Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan
  • Miftahul Huda Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.58223/alirfan.v6i2.6981

Kata Kunci:

Integration, Islamic Boarding School, Traditional Islamic School, KH. Muhammad Syamsul Arifin

Abstrak

Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji pemikiran KH. Muhammad Syamsul Arifin terkait integrasi pesantren dan madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka. Tehnik pengumpulan datanya adalah dokumentasi. Sementara analisis datanya peneliti menggunakan analaisis konten. Dari hasil penelitian, peneliti mendapati KH. Muhammad Syamsul Arifin sebagai sosok yang memiliki ide yang unik tentang integrasi pesantren dan madrasah. KH. Muhammad Syamsul Arifin percaya bahwa integrasi ini sangat penting dalam menghilangkan kesenjangan pengetahuan dan memenuhi tuntutan prospek karir saat ini. Jika pesantren masih terputus dari sistem baru yang telah berkembang, maka dimungkinkan pesantren akan mati ditelan arus perkembangan globalisasi.

Referensi

An-Nahlawi, A. (2004). Usul Al-Tarbiyyah Al-Islmiyyah Wa Asalibuha Fi Al-Baiti Wa Al- Madrasati Wa Al Mujtama’I. Dar al-Fikr.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arischa, S. (2019). Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau, 6(1).

Baidowi, A. (2020). Memaknai Pancasila dari Ponpes Banyuanyar. Republika.

Baidowi, A. (2021). Kiai Istiqomah Biografi RKH. Muhammad Syamsul Arifin. Samudra Biru.

Dkk, B. (2011). Dikotomi Pendidikan Islam. Remaja Rosda Karya.

Dkk, M. Q. S. (2007). Ensiklopedia Al-Quran Kajian Kosa Kata. Lentera Hati.

Hadi, N. (2021). Sang Kiai yang Sangat Peduli dan Perhatian, Syakhona. Mukti Lintas Media.

Hidayat, M. (2017). Model Komunikasi Kyai Dengan Santri Di Pesantren. Jurnal ASPIKOM, 2(6). https://doi.org/doi:10.24329/aspikom.v2i6.89

Muis, M. (2022). Nadzom Syaikhina. STAI Darul Ulum Banyuanyar Press.

Sadali. (2020). Eksistensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2).

Syarif, Z. (2018). Dinamisasi Manajemen Pendidikan Pesantren. Duta Media Publishing.

Wicaksono, H. (2020). Tujuan Pendidikan Islam Berbasis Mabadi Khaira Ummah. Edukaisa Islamika, 5(1). https://doi.org/doi:https://doi.org/10.28918/jei.v5i1.2426

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-18

Cara Mengutip

Muis, M., & Huda, M. (2023). Integration of Islamic Boarding School and Madrasah Education from the Perspective of Kiyai Muhammad Syamsul Arifin. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 6(2), 224–242. https://doi.org/10.58223/alirfan.v6i2.6981

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.