Rekonstuksi Metode Belajar Kontektualis Santri Pondok Pesantren Salaf dan Khalaf di Madura

Authors

  • Zaitur Rahem Institut Ilmu Keislaman Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2948

Keywords:

Alternatif; salaf ; khalaf.

Abstract

Dunia pendidikan di Indonesia sering dibingungkan dengan persoalan pencarian metode belajar alternatif. Kebimbangan ini terjadi karena elemen pemerintah melihat, hasil dari proses yang dilakukan sejumlah lembaga pendidikan dinilai kurang maksimal. Beberapa perubahanan metode belajar telah dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal. Sehingga mengemuka pertanyaan, kegagalan pendidikan disebabkan oleh metode atau lebih karena factor sumber daya manusianya? Dalam perkembangannya, pondok pesantren dibagai menjadi salafiyah dan khalafiyah. Pondok pesantren dianggap sejumlah pihak sebagai kawah penuh inspirasi dan motivasi. Santri bisa belajar dengan dinamis. Meski dalam kampium keterbatasan. Proses di pondok pesantren selamana ini  dipandang mampu menghasilkan produk berkarakter. Seperti apa realitas pondok pesantren salaf dengan khalaf. Kata Kunci: Metode Belajar, Pesantren.     Abstract:   The world of education in Indonesia is often confused with the question of finding alternative learning methods. This balance occurs because the elements of the government saw, the results of the process undertaken by some educational institutions considered less than the maximum. Several changes of learning method have been done to get maximum result. So that raises the question, the failure of education caused by the method or more because of the human resources factor? The reality of early education, represented by traditional educational institutions archipelago, boarding school. In its development, Boarding School is divided into salafiyah and khalafiyah. Boarding School is considered a number of parties as a crater full of inspiration and motivation. Students can learn dynamically. Although in the campium limitations. The process at this Boarding School boarding house is considered capable of producing character products. What is the reality of Boarding School salaf cottage with khalaf. Keyword : Alternatif, salaf , khalaf

References

Abdullah (Ed.), Taufik, 1991, Sejarah Umat Islam Indonesi , Jakarta: Majelis Ulama Indonesia.

Asrohah, H. 2000, Sejarah Pendidikan Islam, Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu.

Ami, A. 1987, Islam dari Masa ke Masa, Bandung: CV. Rusyda,

Al- Atta, Syed Muh. N. 1990, Islam dalam Sejarah dan Kebudayaan Melayu, Bandung: Mizan.

Brockelmann, C. 1982, History of the Islamic Peoples, London: Roudledge & Kegan Paul.

Muhaimin, 2010, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Nizar, S. Sejarah Pendidikan Islam: 2011, Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rahem, Z. 2016, Jejak Intelektual Pendidikan Islam (Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

____________, 2015, Risalah Pendek Menulis Resensi Buku ,Yogyakarta: Ganding Pustaka,

Sanjaya, W. 2009, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana.

Yatim, B. 2008, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Downloads

Published

2017-07-01

How to Cite

Rahem, Z. (2017). Rekonstuksi Metode Belajar Kontektualis Santri Pondok Pesantren Salaf dan Khalaf di Madura. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(01). https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2948

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.