Amsal al-Qur’an: Sebuah Kajian dalam Psikologi Pendidikan Islam

Authors

  • Fitriah M. Suud Universitas Serambi Mekkah, Aceh,

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2952

Keywords:

Amsal al-Quran; Psychology; Education.

Abstract

Al-Qur’an memiliki cabang ilmu yang beraneka ragam di dalamnya, salah satunya adalah amsal al-Qur’an, ilmu ini memuat perumpamaan-perumpamaan tentang berbagai hal yang sarat dengan makna dan hikmah yang besar. Amsal al-Qur’an merupakan penyampaian gagasan-gagasan dengan bahasa yang padat dan  indah, menghadirkan sesuatu yang abstrak seolah-olah dapat diindrakan oleh manusia, yang sulit difahami dan dibayangkan menjadi hal yang mudah dicerna dan menjadi kongkrit. Hal ini kemudian menjadi pelajaran besar bagi orang yang mau mengkajinya. Para pendidik di kalangan Islam bisa menjadikan amsal al-Qur’an sebagai contoh yang sangat berharga dalam dunia pendidikan baik dari segi tujuan, materi, metode maupun media yang digunakan. Secara garis besar, amtsal al-Qur’an terbagi menjadi tiga, yaitu amsal Musharrah, amsal Kaminah, dan amsal Mursalah. Dalam perkembangan ilmu tafsir, amsal memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perkembangan berfikir umat Islam dalam mendalami dan memahami Al Qur’an. Ayat - ayat Al-Qur’an yang mengandung amsal, mengandung manfaat dalam pendidikan dan juga kejiwaan. Selain itu amsal al-Qur-an juga tidak sepi dari nilai-nilai psikologi baik psikologi umum maupun psikologi pendidikan Islam. Makalah ini akan menyampaikan amsal al-Qur’an dalam kaitannya dengan psikologi dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Kata Kunci : Amsal  al-Qur’an, Psikologi, Pendidikan.  Al-Quran has many diverse branches of science within, one of them is the proverb of al-Quran. This science contains parables a lot of things that are fully loaded with meaning and great wisdom. The proverbs of the Qur'an are the transmissions of ideas in a dense and beautiful language, presenting something abstract as if it could be induced by human beings, the difficult to understand and to imagine easily becomes digested and concrete. This case then becomes a big lesson for people who want to study it. Educators in Islamic institutions can make the proverbs of the Qur'an as a very valuable example in the world of education both in terms of purpose, materials, methods and media used. Broadly speaking, the proverb of al-Quran is divided into three, namely the proverb of Musharrah, proverb of Kaminah, and proverb of Mursalah. In the development of science of tafsir, proverbs give a considerable contribution to the development of Muslims thinking in deepening and understanding the Qur'an. The Qur'anic verses containing the proverbs, contain both educational and psychological benefits. In addition, the proverb of al-Quran is also not empty of the psychological values ​​of both general psychology and the psychology of Islamic education. This paper will convey the proverbs of the Qur'an related to the psychology and educational values ​​contained within. Keywords: Amsal al-Quran, Psychology, Education.

References

Al Qathan, M. 1993. Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Terjemah Mudzakir AS Jakarta : Litera Antar Nusa.
B. Hurlock, dan Elizabeth, Psikologi perkembangan; suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan, Terj. Istiwidayanti dkk, Erlangga, Jakarta, Edisi kelima.
Chirzin, M, “Khasha ‘is al-Amtsal fil Qur’an wa Aghradhuha wal-Maudhu’at allati ‘Alajatha, Al-Jami’ah, UIN Sunan Kalijaga, Edisi al-Jami’ah journal of Islamic Stude 42/2/2004 .
----------- 2003. Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa,
----------- 2003. Permata al-Qur’an, Yogyakarta, Qirtas.
-----------2011. Nur ‘Ala Nur 10 Tema Besar Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup, Pustaka Gramedia Utama, Jakarta.
Feist, J, 2010. Teori Kepribadian; Theories of Personality, Terj. Smita Prathita Sjahputri, Salemba HUmanika, Jakarta.
Hamid, S, 2002. Studi Ilmu Al-Qur’an, Jakarta: Inti media Cipta Nusantara.
Ilyas, Y, 2002. Kuliah Ulumul Qur’an, Yogyakarta: Itqan Publishing.
Quthub, S, 1892. At Tashwirul Fanni Fil Qur „an Beirut: Darusy Syuruq.
Shihab, M. Q. 2004. Membumikan al-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung, Mizan.
Shihab, M. Q. 2005. Tafsir Al-Misbah, Tangerang: Lentera Hati:
Syahidin. 2001. Metode Pendidikan Qurani: Teori dan Aplikasi. Jakarta: CV Misaka Galiza.
Yunus, M. 1973. Kamus Arab-Indonesia,Jakarta : Yayasan Peyelenggara Penerjemah/ Penafsir al-Qur’an.
W.Santrock, J. 2008. Psikologi Pendidikan, terj. Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2017-07-01

How to Cite

M. Suud, F. (2017). Amsal al-Qur’an: Sebuah Kajian dalam Psikologi Pendidikan Islam. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(01). https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2952

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.