Pembelajaran Bisinis Online Berbasis Android dalam Mengembangkan Sense Entrepreneurship Siswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v11i01.3943Keywords:
Bisnis online, Pembelajaran, era revolusi industry 4.0Abstract
Bisnis online adalah sebuah fenomina, sebuah kelataan yang hampir menyeluruh dilakukan oleh hamper seluruh lapisan masyarakat, baik pelaku bisnis yang telah profesional maupun bagi mereka yang memiliki waktu luang seperti ibu rumah tangga, karyawan, mahasiswa dan pelajar sebagai pekerjaan sampingan. Ini adalah siklus waktu yang sangat fenominal yang perlu disikapi dengan bijak oleh dunia pendidikan. Bagi pelaku business yang telah professional, mereka menjadikan bisnis online sebagai pekerjaan utama. Bagi para siswa mungkin ini menjadi momentum mengambil kesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaannya. dalam usaha mengurangi angka jobless atau pengangguran di Era Revolusi Industri 4.0. Ditambah lagi Indonesia telah diprediksi akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030-2040, yaitu penduduk dengan usia produktif lebih banyak dibandingkan dengan penduduk non produktif. Disini penulis menemukan dua kecenderungan yang membuat penulis tertarik, pertama banyak orang kecenderungan belanja online, yang kedua kecenderungan orang menjajakan secara online.Dalam menghadapi era digital plus menyiapkan siswa menghadapi zaman bonus demografi tersebut, maka pendidikan harus juga bermertamorfosis bagaimana mengembangkan jiwa entrepreneurship siswa, tentunya melalui pola pembelajaran di dalam kelas, dalam paper ini kami fokuskan pada pembelajaran di era digital dimana pembelajaran ini dikelompokkan menjadi tiga model yaitu: model konvensional face-to-face; model daring dan otomatisasi; serta model blended learning. Dari beberapa model pembelajaran diatas maka model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam digitalisasi pendidikan terutama berkaitan dengan kemampuan memasarkan barang maka model pembelajaran blended learning adalah pembelajaran yang sangat tepat. Dimana model pembelajaran ini memadukan pembelajaran online berbasis web (e-learning) dan pembelajaran face-to-face di kelas atau di laboratorium yang tentunya berbasis android yang dimiliki oleh siswa itu sendiri.References
Aldrich, M. (2011). Online Shopping in the 1980s. International Business & Economics Research Journal, 33(4), 57–61.
Al-Nuaimy, W., Zhang, J., & Noble, A. (2001). Web-based learning environmentfor a communications module. Web-Based Learning Of Communications, 114-121.
Bauer, R., Derwall, J., & Hann, D. (2009). Employee relations and credit risk. In ECCE, Maastricht University (pp. 1–43). Maastricht. https://doi.org/10.2139/ssrn.1483112
Forsythe, S., Liu, C., Shannon, D., & Gardner, L. C. (2006). Development of A Scale to Measure The Perceived Benefits and Risks of Online Shopping. Journal of Interactive Marketing, 20(2), 55–75. https://doi.org/10.1002/dir
Grant, A. E., & Meadows, J. H. (2008). Communication Technology Update and Fundamentals (11th Editi). Taylor & Francis.
Howrey, J. and Quinn, K. (2016). Assessing Student Attitudes to Moodle versusPrint Materials for L2 Vocabulary Acquisition. International Journal ofInformation and Education Technology, Vol.6,No. 1.
Irianto, D. (2017). Industry 4.0; The Challenges of Tomorrow. Disampaikan pada Seminar Nasional Teknik Industri, Batu-Malang.
Juju., Dominikus., & Sulianta, Feri. (2010). Branding Promotion with Social Network. Jakarta:Elex Media Komputindo
Liang, T. P., & Lai, H. J. (2002). Effect of store design on consumer purchases: An empirical study of on-line bookstores. Information and Management, 39(6), 431–444. https://doi.org/10.1016/S0378-7206(01)00129-X
Lee, J., Lapira, E., Bagheri, B., Kao, H., (2013). Recent Advances and Trends in Predictive Manufacturing Systems in Big Data Environment. Manuf. Lett. 1, 38–41.
Made, L. (2010). Extreme Facebook Marketing for Giant Profits. Jakarta: Elex MediaKomputindo.
Mas' ud Machfoedz dan Mahfud Machfoedz. 2004. Kewirausahaan, Suatu Pendekatan Kontemporer. UPP AMP YKPN, Yogyakarta
McLeod, R., & Schell, G. P. (2007). Management Information Systems. University of Virginia: Pearson/Prentice Hall.
Oglethorpe, J. E., & Monroe, K. B. (1994). Determinants of Perceived Health and Safety Risks of Selected Hazardous Products and Activities. The Journal of Consumer Affairs, 28 (2), 326–346.
Sugihartati, Rahma dan Mutia, Fitri. 2010. Masyarakat & Perpustakaan di EraRevolusi Informasi. Surabaya : Departemen Informasi Dan PerpustakaanUniversitas Airlangga.
Sugihartati, Rahma dan Mutia, Fitri. 2010. Masyarakat & Perpustakaan di EraRevolusi Informasi. Surabaya : Departemen Informasi Dan PerpustakaanUniversitas Airlangga.
Al-Nuaimy, W., Zhang, J., & Noble, A. (2001). Web-based learning environmentfor a communications module. Web-Based Learning Of Communications, 114-121.
Bauer, R., Derwall, J., & Hann, D. (2009). Employee relations and credit risk. In ECCE, Maastricht University (pp. 1–43). Maastricht. https://doi.org/10.2139/ssrn.1483112
Forsythe, S., Liu, C., Shannon, D., & Gardner, L. C. (2006). Development of A Scale to Measure The Perceived Benefits and Risks of Online Shopping. Journal of Interactive Marketing, 20(2), 55–75. https://doi.org/10.1002/dir
Grant, A. E., & Meadows, J. H. (2008). Communication Technology Update and Fundamentals (11th Editi). Taylor & Francis.
Howrey, J. and Quinn, K. (2016). Assessing Student Attitudes to Moodle versusPrint Materials for L2 Vocabulary Acquisition. International Journal ofInformation and Education Technology, Vol.6,No. 1.
Irianto, D. (2017). Industry 4.0; The Challenges of Tomorrow. Disampaikan pada Seminar Nasional Teknik Industri, Batu-Malang.
Juju., Dominikus., & Sulianta, Feri. (2010). Branding Promotion with Social Network. Jakarta:Elex Media Komputindo
Liang, T. P., & Lai, H. J. (2002). Effect of store design on consumer purchases: An empirical study of on-line bookstores. Information and Management, 39(6), 431–444. https://doi.org/10.1016/S0378-7206(01)00129-X
Lee, J., Lapira, E., Bagheri, B., Kao, H., (2013). Recent Advances and Trends in Predictive Manufacturing Systems in Big Data Environment. Manuf. Lett. 1, 38–41.
Made, L. (2010). Extreme Facebook Marketing for Giant Profits. Jakarta: Elex MediaKomputindo.
Mas' ud Machfoedz dan Mahfud Machfoedz. 2004. Kewirausahaan, Suatu Pendekatan Kontemporer. UPP AMP YKPN, Yogyakarta
McLeod, R., & Schell, G. P. (2007). Management Information Systems. University of Virginia: Pearson/Prentice Hall.
Oglethorpe, J. E., & Monroe, K. B. (1994). Determinants of Perceived Health and Safety Risks of Selected Hazardous Products and Activities. The Journal of Consumer Affairs, 28 (2), 326–346.
Sugihartati, Rahma dan Mutia, Fitri. 2010. Masyarakat & Perpustakaan di EraRevolusi Informasi. Surabaya : Departemen Informasi Dan PerpustakaanUniversitas Airlangga.
Sugihartati, Rahma dan Mutia, Fitri. 2010. Masyarakat & Perpustakaan di EraRevolusi Informasi. Surabaya : Departemen Informasi Dan PerpustakaanUniversitas Airlangga.
Downloads
Published
2020-07-31
How to Cite
Hafidurrahman, M. (2020). Pembelajaran Bisinis Online Berbasis Android dalam Mengembangkan Sense Entrepreneurship Siswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9(01). https://doi.org/10.32806/jf.v11i01.3943
Issue
Section
Articles