Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri di Kota Metro
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4169Keywords:
Pedagogic Competence, Teacher, Islamic Religious EducationAbstract
This research is motivated by the Annex to the Regulation of the Minister of National Education No.16 of 2007 concerning Academic Qualification Standards and Teacher Competencies. This study aims to determine and analyze the pedagogical competence of Islamic Religious Education teachers in State Junior High Schools in Metro City. The method used in this research is descriptive method with a qualitative approach. The population in this study were all teachers of SMP Negeri in Metro City as many as 30 people from 10 schools. The sampling technique was purposive sampling in order to obtain 9 teachers from 3 schools, namely SMP Negeri 3 Metro, SMP Negeri 4 and SMP Negeri 6 Metro as respondents considering the ease of location and communication related to data collection during the Covid-19 pandemic. Data collection techniques in research are observation, questionnaires and interviews. Data analysis techniques include data reduction, display data, and conclusion drawing / verification. The results of this study indicate the pedagogical competence of the Islamic Religious Education Teachers of State Junior High Schools in Metro City is in the high tended category with a total score of 82.05%. The results of this study are expected to be used as input for policy makers regarding the pedagogical competence of Islamic Religious Education teachers.References
Afandi, M., & Wahyuningsih, S. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru SD di UPTD Pendidikan Banyumanik Kota Semarang. Elementray, 6(1)
Ahmad, M. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Matematika ditinjau Dari Perspektif Peserta Didik Di Smk Muhammadiyah 2 Malang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1).
Aldarmono, A. (2012). Identifikasi gaya kognitif (cognitive style) peserta didik dalam belajar. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3(1)
Arifin, M. (2009). Evaluasi pembelajaran mata pelajaran PAI siswa kelas IX di SMP Islam Sultan Agung Sukolilo Pati (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Arikunto, S. (2006). Pengelolaan Kelas dan Siswa Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta.
Asep, S., & Jihad, A. (2013). Bagaimana Menjadi calon Guru Dan Guru Professional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Ashsiddiqi, H. (2012). Kompetensi sosial guru dalam pembelajaran dan pengembangannya. Ta'dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 17(01)
Balqis, P., Ibrahim, N. U., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 2(1).
Dedih, U., & Nurajijah, A. I. (2018). Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Perspektif, 2(1)
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dirman, D., & Juarsih, C. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas Dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(1)
Hamalik, O. (2006). Manajemen pengembangan kurikulum. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.
Hamzah, B. U. (2007). Profesi kependidikan, problema, solusi, dan reformasi pendidikan di Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1)
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).
Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Mujib, A., & Mudzakir, J. (2001). Nuasa-nuasa psikologi Islam. Raja Grafindo Persada.
Muspiroh, N. (2016). Peran Kompetensi Sosial Guru dalam Menciptakan Efektifitas Pembelajaran. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2).
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).
Nasional, D. P. (2005). Undang-Undang nomor 14 tahun 2005, tentang guru dan dosen. Jakarta: Depdiknas.
Nasional, S. L. P. M. P. (2016). Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. Diposting dari http://sdm. data. kemdikbud. go. id/SNP/dokumen/Permendiknas% 20No.
Norsidi, N., & Paiman, P. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas (SMA) Sebagai Pelaksana Kurikulum 2013 Di Kabupaten Ketapang. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2)
Purwanto, S. E. (2006). Penggunaan Model Assessment Portofolio dalam Penilaian Proses dan Hasil Belajar Program Linear. Jurnal Mimbar Pendidikan.
Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2)
Ramayulis, H. (2013). Profesi dan etika keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramadhani, W. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Komik dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2)
Riandhana, T. E. (2016). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Palu. Katalogis, 4(1).
Restiyani, R. (2014). Profil pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai media dan sumber pembelajaran oleh guru biologi. EDUSAINS, 6(1)
Sriyanto, S., Murniawaty, I., Nuryana, I., & Ismiyati, I. (2018). Peningkatan profesionalisme guru ekonomi dalam pembelajaran di SMA Kabupaten Semarang. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2)
Suhandani, D., & Julia, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, 1(2)
Surjana, A. (2002). Efektivitas pengelolaan kelas. Jurnal Pendidikan Penabur, 1(1)
Ulla, A. M. (2017). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pada Aspek Pengembangan Kurikulum Terkait Mata Pelajaran Yang Di Ampu Melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Studi Pada Guru Produktif Pemasaran di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung). SKRIPSI Jurusan Manajemen-Fakultas Ekonomi UM.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar
Yulianti, F. (2012). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran PAI (Studi Deskriptif pada Guru PAI di SMP Negeri Kota Indramayu). Jurnal Tarbawi, 1(2)
Yusuf, Y. (2019). Problematik Guru Bahasa Indonesia Berkomunikasi secara Efektif, Empatik, dan Santun dengan Peserta Didik. Jurnal Tinta, 1(1).
Ahmad, M. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Matematika ditinjau Dari Perspektif Peserta Didik Di Smk Muhammadiyah 2 Malang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1).
Aldarmono, A. (2012). Identifikasi gaya kognitif (cognitive style) peserta didik dalam belajar. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3(1)
Arifin, M. (2009). Evaluasi pembelajaran mata pelajaran PAI siswa kelas IX di SMP Islam Sultan Agung Sukolilo Pati (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Arikunto, S. (2006). Pengelolaan Kelas dan Siswa Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta.
Asep, S., & Jihad, A. (2013). Bagaimana Menjadi calon Guru Dan Guru Professional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Ashsiddiqi, H. (2012). Kompetensi sosial guru dalam pembelajaran dan pengembangannya. Ta'dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 17(01)
Balqis, P., Ibrahim, N. U., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 2(1).
Dedih, U., & Nurajijah, A. I. (2018). Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Perspektif, 2(1)
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dirman, D., & Juarsih, C. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas Dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(1)
Hamalik, O. (2006). Manajemen pengembangan kurikulum. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.
Hamzah, B. U. (2007). Profesi kependidikan, problema, solusi, dan reformasi pendidikan di Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1)
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).
Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Mujib, A., & Mudzakir, J. (2001). Nuasa-nuasa psikologi Islam. Raja Grafindo Persada.
Muspiroh, N. (2016). Peran Kompetensi Sosial Guru dalam Menciptakan Efektifitas Pembelajaran. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2).
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).
Nasional, D. P. (2005). Undang-Undang nomor 14 tahun 2005, tentang guru dan dosen. Jakarta: Depdiknas.
Nasional, S. L. P. M. P. (2016). Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. Diposting dari http://sdm. data. kemdikbud. go. id/SNP/dokumen/Permendiknas% 20No.
Norsidi, N., & Paiman, P. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas (SMA) Sebagai Pelaksana Kurikulum 2013 Di Kabupaten Ketapang. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2)
Purwanto, S. E. (2006). Penggunaan Model Assessment Portofolio dalam Penilaian Proses dan Hasil Belajar Program Linear. Jurnal Mimbar Pendidikan.
Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2)
Ramayulis, H. (2013). Profesi dan etika keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramadhani, W. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Komik dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2)
Riandhana, T. E. (2016). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Palu. Katalogis, 4(1).
Restiyani, R. (2014). Profil pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai media dan sumber pembelajaran oleh guru biologi. EDUSAINS, 6(1)
Sriyanto, S., Murniawaty, I., Nuryana, I., & Ismiyati, I. (2018). Peningkatan profesionalisme guru ekonomi dalam pembelajaran di SMA Kabupaten Semarang. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2)
Suhandani, D., & Julia, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, 1(2)
Surjana, A. (2002). Efektivitas pengelolaan kelas. Jurnal Pendidikan Penabur, 1(1)
Ulla, A. M. (2017). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pada Aspek Pengembangan Kurikulum Terkait Mata Pelajaran Yang Di Ampu Melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Studi Pada Guru Produktif Pemasaran di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung). SKRIPSI Jurusan Manajemen-Fakultas Ekonomi UM.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar
Yulianti, F. (2012). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran PAI (Studi Deskriptif pada Guru PAI di SMP Negeri Kota Indramayu). Jurnal Tarbawi, 1(2)
Yusuf, Y. (2019). Problematik Guru Bahasa Indonesia Berkomunikasi secara Efektif, Empatik, dan Santun dengan Peserta Didik. Jurnal Tinta, 1(1).
Downloads
Published
2020-12-30
How to Cite
Sari, E. S. I., Nurbaiti, S., & Rohani, R. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri di Kota Metro. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9(02). https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4169
Issue
Section
Articles