Peranan TK/TPA Binaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sinjai dalam Mempertahankan Budaya Kearifan Lokal Baca Tulis Alquran “Mallepu” di abad 21

Authors

  • Sitti Satriani Is Dosen Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ratnawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Elli Universitas Muhammadiyah Makassar
  • St Rajiah Rusydi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Mutmainnah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rusli Malli Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v15i01.5868

Keywords:

TK/TPA Binanan Muhammadiyah, Kearifan Lokal “Mallepu”

Abstract

Peranan TK/TPA Binaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sinjai dalam Mempertahankan Budaya Kearifan Lokal Baca Tulis Alquran “Mallepu†di abad 21, yang melatar belakangi penelitian tersebut melihat bahwa di abad 21 lahir berbagai macam metode baca tulis Al-quran baik terbitan buku panduan seperti buku Iqra, maupun berbagai macam bentuk apliksi baca-tulis Alquran, mengakibatkan metode “Mallepu†sebagai kearifan lokal di kabupaten sinjai kurang diminati, padahal melihat dari sejarah penggunaan metode mallepu tersebut banyak melahirkan qori/qoriah yang memiliki bacaan sesuai kaidah tajwid,  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan pimpinan daerah Kabupaten Sinjai dalam mempertahnkan kearifan Lokal budaya baca tulis Al-Quran di abad 21. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menitiberatkan pada studi kasus sebagai sebuah penentuan terhadap penelitan yang mengedepankan proses wawancara dengan menggunakan pertanyaan terkait. Luaran pada penelitian tersebut adalah menghasilkan jurnal terakreditasi Nasional sinta 3. Hasil penelitian menujukkan bahwa metode mallepu sebagai metode kearifan lokal di kabupaten sinjai masi tetap di gunakan, dan di jaga eksistensinya, meski dalam proses aplikasi proses pengajaran santri di TK-TPA masjid binaan Muhammadiyah di kombinasikan dengan metode lain, dalam proses pengajaran, Muhammadiyah sebagai organisasi yang membina beberapa masjid yang ada di kabupaten sinjai turut mendukung dengan kombinasi metode tersebut dengan harapan bahwa motode mengaji mallepu sebagai kearifan lokal tidak putus regenerasinya, yang secara historis metode mallepu merupakan metode yang diakui sebagai satunya metode dahulu kala yang melahirkan qori-qoriah bertaraf lokal, nasional bahkan Internasional.

References

Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Cet. II; Jakarta: PT Raja Grafindo

Getteng, Abd. Rahman. 2005, Pendidikan Islam di Sulawesi Selatan; Tinjauan Historis dari Tradisional Hingga Modern. Yogyakarta: Graha Guru.

Muhammedi, M. 2017, Metode Albaghdadiyah (Metode pengajaran yang evektif dalam menanamkan sikap relijius siswa dan meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam). Jurnal Al-fatih, juranal pendiidkan dan keislaman 1(1): 43.

Pelras, Cristian The Bugis, terj. Abd. Rahman Abu, 2005 Manusia Bugis (Cet. II; Jakarta: Nalar bekerjasama dengan Forum Jakarta-Paris, EFEO.).

Persada, 2003

Poerwanto, Hari. 2018, Kebudayaan dan Lingkungan dalam Perspektif Antropologi.

Shihab, Quraish, 2002, Tafsir Al-Misbah, Vol 15 Lentera hati.

Sugiyono, 2009. Metode penulisan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : CV Alfabet .

Sujarweni. V.Wiratna, 2014. Metodologi Penelitian Yogyakarta.

Tim Puslitbang Kehidupan Beragama,“Pemetaan Kerukunan Kehidupan Beragama di Nusa Tenggara Baratâ€, Laporan Hasil Peneltian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Satriani Is, S. ., Ratnawati, Elli, St Rajiah Rusydi, Mutmainnah, & Rusli Malli. (2022). Peranan TK/TPA Binaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sinjai dalam Mempertahankan Budaya Kearifan Lokal Baca Tulis Alquran “Mallepu” di abad 21. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 11(01), 59–71. https://doi.org/10.32806/jf.v15i01.5868

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.