Konsep Pendidikan Tazkiyatun Nafs Studi Analisis Penguatan Peran Perguruan Tinggi Islam di Era Disrupsi

Authors

  • Abdul Mukit STAI DUBA Pamekasan
  • Ahmad Andry Budianto Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan,
  • Maimon Sumo STAI DUBA Pamekasan
  • Nasrullah Nasrullah STAI DUBA Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6211

Keywords:

Tazkiyatun Nafs, Pendidikan, Perguruan Tinggi, Disrupsi

Abstract

Era disrupsi adalah masa perubahan, dengan jargon saktinya, “berubah atau punah†telah melanda semua sektor kehidupan termasuk pendidikan. Dalam ceritanya, era ini mengharuskan semuanya untuk merubah segalanya. Untuk dunia pendidikan Islam khususnya, slogan ini menimbulkan persoalan sebab  dalam diri pendidikan Islam ada salah satu bagian “yang tidak boleh berubahâ€-anak pesantren menyebutnya qadim al-shalih- yaitu prinsip, nilai dan akhlak yang harus tegak berdiri di setiap periode dan masa. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami peran pendidikan tazkiyatun nafs dalam rangka menguatkan peran perguruan tinggi di era disrupsi.Metodologi penelitian ini yaitu berjenis kualitatif, model library research dengan menggunakan content analysis sebagai teknik analisa datanya agar ditelusuri sejauh mana peran pendidikan tazkiyatun nafs bagi perguruan tinggi di era yang mengharuskan perubahan. Penelitian ini menghasilkan temua penting bahwa ternyata era disrupsi justru menjadi peluang bagi Perguruan Tinggi Islam untuk semakin kuat dengan menjadikan akhlak, tazkiyatun nafs sebagai core pengembangannya. Karena akhlak satu-satunya value  yang selalu diharapkan dan diinginkan oleh semua pelaku pendidikan yang tidak pernah bisa dirubah oleh perkembangan zaman.

References

Abbas, Syahrizal. Manajemen Perguruan Tinggi, Beberapa Catatan. Jakarta: Kencana, 2009.

Al-Buthi. Masyûrât Isjtima’iyyah. Damaskus: Dar al-Fikr, n.d.

Al-Ghazâlî. Ayyuhal Walad. Baghdad: Dar Qadisiyah li al-Thiba’ah, 1984.

Anik Ghufron, C. Asri Budiningsih, and Hidayati. “PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA YOGYAKARTA DI SEKOLAH DASAR.†Cakrawala Pendidikan 12, no. 2 (2017).

Chrismastianto, Imanuel Adhitya Wulanata, and Budi Wulanata. “Quo Vadis of Indonesia’s Education in Disruption Era: Teacher’s Role in Value and Technology Perspective,†no. Unicees 2018 (2020): 83–87.

Darmayanti, Elmira Febri, Nina Lelawati2, and Fitriani. “PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENDIDIKAN.†Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian 6, no. 2 (2021): 166–176.

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Fikri, Ali. “Pengaruh Globalisasi Dan Era Disrupsi Terhadap Pendidikan Dan Nilai-Nilai Keislaman.†Sukma: Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2019): 117–136.

Hamdzah, Hazwani, and Raudlotul Firdaus Fatah Yasin. “Child Abuse in Malaysia: An Overview from Islamic Perspective.†3rd International Conference on Global & Social Entrepreneurship (Legoland, Johor) 2016 (3rd ICoGBSE) 2, no. 3 (2016): 125–135. http://irep.iium.edu.my/50680/.

Husaini, Adian. Pendidikan Islam: Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045: Kompilasi Pemikiran Pendidikan. Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa, 2018.

Jaya, Ervan. “MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN SMART EKSELENSIA INDONESIA†(November 7, 2018).

Mahfud, Choirul, Niken Prasetyawati, Dyah Agustin, Ni Suarmini, and Enie Hendrajati. “The Urgency of Civic Education and Religious Character Education for Early Childhood in Indonesia.†Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 5 (July 8, 2019): 97.

Mahmud, Abdul Halim. Qadliyat Al-Tasawuf: Madrasah Syadziliyah. Kairo: Dar Ma’arif, n.d.

Marzuki. “Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum Dan Pemberdayaan Masyarakat.†Cakrawala Pendidikan 14, no. 1 (1997): 93–101.

Mujahidah, and Ismail Suardi Wekke. “Transformasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia.†In Prosiding Seminar Nasional Kepemimpinan Transformatif Forum Dosen Indonesia DPD Papua Barat & Pasca Sarjana STAIN Sorong. Sorong, 2019.

Muqoyyidin, and Andik Wahyun. “Pengembangan Perguruan Tinggi Islam Berbasis Karakter Entrepreneurship Bermoral Dalam Menghadapi Persaingan Global.†In Prosiding Seminar Competitive Advantage, Universitas Pesantren Darul Ulum. UNIPDU, 2012.

Musrifah. “The Urgency of Religious Education and Its Implications for the Concept of Human in the Islamic Worldview.†At-Ta’dib 15, no. 1 (2020): 79–102.

Musrifah, Musrifah. “The Relevance of Al-Ghazali’s Tazkiyatun-Nafs Concept With Islamic Education in The Millennial Era.†Nadwa 1, no. 1 (2019): 15.

Rahman, M. Rifqi Fadlu, Udin Supriadi, and Fahrudin. “Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Sebagai Upaya Membentuk Akhlak Mulia Santri Di Pondok Pesantren Al- Huda Kuningan Jawa Barat.†Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim 15, no. 1 (2017): 37–47.

Renny, Clauradita Angga, and Maemonah Maemonah. “Implementasi Konsep Tazkiyyatun Nafsi Imam Al-Ghazali Dalam Ktab Ihya’U Al-Ulumuddin Dan Teknik Self-Management Terhadap Kebermaknaan Hidup Residen Pecandu Narkoba.†Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan 4, no. 1 (2020): 46–55.

Rianto Adi. Metodologi Penelitian Sosial Dan Hukum. Jakarta: Granit, 2004.

Sari, Nuzulia Kumala. “PENTINGNYA PERLINDUNGAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI) DALAM ERA GLOBALISASI.†Qistie Jurnal Ilmu Hukum, no. Vol 3, No 3 (2009): Qistie (2009). https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/QISTIE/article/view/578/699.

Surakhmad, Winarno. Pendidikan Nasional Strategi Dan Tragedi. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2009.

Tafsir, Ahmad. Fisafat Pendidikan Islami. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Tedi Priyatna. Pengembangan Sumber Daya Manusia Dunia Pendidikan DI Era Revolusi Industri 4.0,. Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Sunan Gunung Djati, 2019.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Mukit, A., Budianto, A. A. ., Sumo, M. ., & Nasrullah, N. (2023). Konsep Pendidikan Tazkiyatun Nafs Studi Analisis Penguatan Peran Perguruan Tinggi Islam di Era Disrupsi . FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 11(02), 102–117. https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6211

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.