Pengembangan Dosen melalui pemberdayaan Professional Learning Community dalam meningkatkan publikasi ilmiah IAIN Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6216Keywords:
Pengembangan, Publikasi, PLCAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagimana IAIN Lhokseumawe mengembangkan dosen dalam meningkatkan publikasi ilmiah melalui pemberdayaan Professional Learning Community. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan partisipan mulai dari wakil rektor, dekan, dan dosen. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada IAIN Lhokseumawe belum memiliki sistem pengelola pengembangan dosen secara terstruktur dan dosen mengembangkan dirinya secara mandiri, sehingga produktivitas kinerja publikasi dosen pada IAIN Lhokseumawe terjadi penurunan dari sejak tahun 2021 sampai dengan tahun 2022, ini menunjukkan bahwa kinerja publikasi pada IAIN Lhokseumawe terjadi penurunan setiap tahun dalam dua tahun terakhir. Untuk meningkatkan produktivitas kinerja publikasi dilakukan pengembangan dosen melalui pemberdayaan Professional Learning Community dengan tahapan 1) membagikan pengalaman dosen publikasi ilmiah dengan sesama dosen, 2) mengkaji kembali secara logis dan kritis terhadap kendala-kendala yang dihadapi dalam menghasilkan publikasi ilmiah melalui kegiatan reflective study, 3) membuat komitmen bersama dalam menghasilkan dan meningkatkan publikasi ilmiah, dan 4) membetuk kelompok baru sesuai dengan keilmuan dosen dan 5)menetapakan rencana tindak lanjut. Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan Professional Learning Community dosen dengan memberikan pelatihan penulisan artikel ilmiah dan pelatihan metode publikasi artikel ilmiah. Peningkatan produktivitas kinerja publikasi dosen dapat dilakukan oleh IAIN Lhokseumawe dengan membentuk sistem pengembangan dosen secara terstruktur melalui; perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring serta evaluasi dalam rangka memberdayakan Professional Learning CommunityReferences
Anggraeni, P.â€Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Professional Learning Community Terhadap Kinerja Mengajar Guru Dan Dampaknya Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Se Bandung Rayaâ€, Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.2. (2017) http://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/download/8302/pdf (diakses 13 Juli 2022)
Arwijayanti, L. “Pengaruh Implementasi Startegi Pengembangan Dosen Dan Dukungan Organisasi Terhadap Profesionalisme Dosen (Studi pada Dosen Fakultas Ekonomi di Universitas Islam Malang)â€, Jurnal WARTA EKONOMI VOL. 07 NO 17. (2017) http://riset.unisma.ac.id/index.php/jwe/article/view/144/145 (diakses 13 Juli 2022)
Ciane, G., & Ciane, R. N. : Strengthening and Enriching your Prosessional Learning Community the Art of Learning together.Alexandria, Virginia USA: ASCD Product: 2010
Creswell, J. W. : Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research , New Jersey: Pearson Education Inc, 2008
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam: Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam: 2006
Djuwita, T. M. “Strategi Pengembangan Dosen Perguruan Tinggi Kaitannya Dengan Profil Dosen Yang Produktifâ€. Jurnal Publica, 54 (2011), http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/publica/article/download/388/387 (akses 13 Juli 2022)
Fitrianingrum, N. “Model Pengembangan Karir Dosen Wanita Berperan Gandaâ€, Jurnal EKOBIS Vol.18, No.1, (2017), http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ekobis/article/download/1612/1223 (diakses 13 juli 2022)
Gani, R.â€Menghargai Etika Profesi dilingkungan Akademikâ€. Jurnal Mimbar Vol XXII. No 1. (2006) https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/download/203/179 (diakses 13 Juli 2022)
Hasibuan, M. S.P.: Manajemen Sumber daya manusia, cetakan kedelapan belas, Jakarta: Bumi Aksara 2014.
Hatip, M., Khoiriyah, Sanosra, A., & Qomariah, N. (2018). “Kompetensi Dosen, Profesionalisme Dosen, Dan Kecerdasan Spritual Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswaâ€. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol 8, No 1, (2018), http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/download/1770/1457 (diakses 13 Juli 2022)
Lincon, Y., & Guba, E.:Naturalistic Inquiry. New Delhi: Sage Inc Publication:1985
Muazzomi, N., Sofwan, M., & Muslim , F.â€Analysis of Pesantren Educational Management: School Culture and Leadership of a Professional Learning Communityâ€, Jurnal Ta’dib: Journal of Islamic Education, Volume 22, Number 2 (2017) http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/download/1634/pdf/ (diakses 13 Juli 2022)
Nahariah. “Strategi Pengembangan Dosen STAI AL Furqan Makasar Kaitannya dengan profil dosen yang produktifâ€. Jurnal Alqiyam vol 2 no 2, ( Desember 2021), https://ojs.staialfurqan.ac.id/alqiyam/article/download/202/153 (akses 13 juli 2022)
Sinambela, L. P, “Profesionalisme Dosen Dan Kualitas Pendidikan Tinggiâ€, Jurnal Populis, Vol.2, No.4. (2017) http://journal.unas.ac.id/populis/article/viewFile/347/243 (diakses 13 Juli 2022)
Sobur, A : Etika Pers Profesionalisme dengan Nurani, Bandung: Humaniora Utama Pers.2001.
Sutarsih, C., & Saud, U. S. “The Implementation of Professional Learning Community for Elementary Teachersâ€. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, Volume 11(2). (2019), https://journals.mindamas.com/index.php/educare/article/download/1128/1007 (diakses 13 Juli 2022)
Triyono, E.â€Pemetaan Pengembangan Keprofesionalan Dosen Politeknikâ€. Jurnal TEKNIS, Volume 11, Nomor 1,. (2016), https://jurnal.polines.ac.id/index.php/teknis/article/view/681/598 (diakses 13 juli 2022)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.