Tinjauan Historis dan Sosiologis Perkembangan Dan Perubahan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia

Penulis

  • Nurhidaya M Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syaifuddin Syaifuddin Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Muhammad Azmi STAI DDI Maros
  • Mumtahanah Mumtahanah STAI DDI Maros

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.7504

Kata Kunci:

Historis dan sosiologis, Perkembangan kurikulum, Pendidikan agama Islam

Abstrak

Pengembangan kurikulum dapat dilakukan dengan tiga pola. Pertama, pengembangan kurikulum secara sentralistik (terpusat). Kedua, menyerahkan hasil-hasil pengembangan kepada daerah daerah (desentralistik). Ketiga, pusat bertindak sebagai kerangkanya dan daerah sebagai pelaksana atau penjabarannya. Kurikulum pendidikan Islam berorientasi pada ketuhanan, kemanusiaan, dan kealaman. Pada tulisan ini, mengkaji tentang perkembangan kurikulum pendidikan Agama Islam dalam tinjauan historis dan sosiologis. Metode penelitian yang digunakan adalah library research yaitu memanfaatkan sumber data berdasarkan literatur, seperti buku, peraturan, artikel ilmiah, majalah, informasi berbasis website, dan sumber dokumen atau literatur yang lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan dan perkembangan pendidikan terbagi dalam tiga bagian: 1) Kurikulum Rencana Pelajaran terjadi pada tahun 1947-1968, terdiri dari kurikulum 1947, kurikulum 1952, kurikulum 1964, dan kurikulum 1968; 2) Kurikulum Beroreintasi Pencapaian Tujuan, yaitu kurikulum 1975 dan kurikulum 1994; 3) Kurikulum Berorientasi Kompetensi, yaitu kurikulum berbasis kompetensi (KBK) tahun 2004, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan kurikulum tahun 2013. Berdasarkan tinjauan sosiologis, kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam landasan sosiologis dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi merupakan upaya pengembangan kurikulum menjadi variabel yang wajib melekat, dalam membangun dan mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam pada lembaga pendidikan hingga ke perguruan tinggi yang dalam implementasinya sesuai dengan nilai-nilai didalam masyarakat dan kebudayaan. Dalam sosiologis pendidikan Islam memandang tugas sekolah tidak hanya untuk kepentingan ekonomi, tetapi juga untuk kepentingan perubahan sosial, dan juga untuk kepentingan kesadaran akan keberadaan Allah SWT, sebagai tujuan akhir

Referensi

Amelia, Reski. Munculnya Pendidikan Islam. Gowa: Pustaka Taman Ilmu, 2020.

Azzahra, Annida Luthfiyah, Adzra Kholwa, Haydar Al Fikri, and Abdul Fadhil4 Fadhil. “Analisis Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Dari KTSP 2006 Menjadi Kurikulum Merdeka.” BESTARI: Studi Pendidikan Islam 19, no. 2 (2022): 1907–1337.

Choli, Ifham. “Hakikat Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Al-Risalah, 2019.

Hasan, Moch. Sya’roni. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Terpadu Di Sekolah.” Jurnal Al-Ibrah 2, no. 1 (2017): 60–87.

Hazin, Mufarrihul, and Nur Wedia Devi Rahmawati. “KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Histori Dan Regulasi Di Indonesia).” Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (2021): 293–310.

Husin. “Perkembangan Dan Perubahan Kurikulum Pendidikan Islam Di Indonesia” 1, no. 2 (2018): 71–82.

Husni, Husni. “The Effect of Inquiry-Based Learning on Religious Subjects Learning Activities: An Experimental Study in High Schools.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 1 (June 2020): 1–43.

Ibrahim, Misykat Malik. Implementasi Kurikulum 2013: Rekonstruksi Kompetensi, Revolusi Pembelajaran, Dan Reformasi Penilaian. Alauddin University Press, 2014.

Ibrahim, R. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012.

Iramdan, and Lengsi Manurung. “Sejarah Kurikulum Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 5, no. 2 (2019): 88–95.

Jailani, M Syahran, and Muhammad Muhammad. “Kilas Balik Kebijakan Pendidikan Islam Indonesia Pada Masa Orde Baru (1967-1997).” INNOVATION: Journal for Religious Innovations Studies 19, no. 1 (2019): 15–26.

Jalil, Jasman. Pendidikan Karakter: Impelementasi Oleh Guru, Kurikulum, Pemerintah Dan Sumber Daya Pendidikan. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Pamuji, Zuri, and Kholid Mawardi. “Islamic Religious Education Curriculum Development Based On Multiculturalism in Merdeka Curriculum At Elementary School.” International Journal of Education and Teaching Zone 2, no. 2 (2023): 286–298.

Prasetia, Senata Adi. “Reorientasi, Peran Dan Tantangan Pendidikan Islam Di Tengah Pandemi.” Tarbawi 9, no. 1 (2020): 21–37.

Rosadi, Anwar, and Mohamad Erihadiana. “Reorientasi Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Era Disrupsi Teknologi.” Quality 9, no. 2 (2021): 231–248.

Safei, Hudaidah, and Hudaidah Hudaidah. “Sistem Pendidikan Umum Pada Masa Orde Baru (1968-1998).” Jurnal Humanitas 7, no. 1 (2020): 1–15.

Salamah. Pengembangan Model Kurikulum Holistik Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Tsanawiyah. Yogyakarta: Pressindo Aswaja, 2015.

Siddik, Dja’far. Kurikulum Pendidikan Islam Gagasan Pendidikan Syed Muhammady Naquib Al-Attas. Banda Aceh: PeNA, 2021.

Suaedi. “Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa.” In Seminar Nasional Buku 1, 1:1–5, 2014.

Sudarsono. “Kebijakan Pendidikan Islam Di Madrasah (Pra Dan Pasca SKB 3 Menteri Tahun 1975 Dan Dalam UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003).” Widya Balina 3, no. 2 (2018): 10–24.

Suryadi, Ahmad. Pengembangan Kurikulum I. Sukabumi: CV Jejak, 2020.

Syafe’i, Imam. “Tujuan Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. November (2015): 151–166.

Syarifuddin, Nur. “Madrasah Sebagai Bentuk Transformasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam 2, no. 2 (2017): 25–54.

Taufik, Ahmad. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” el-Ghiroh 17, no. 2 (2019): 81–02.

Tharaba, M. Fahim. Manajemen Pengembangan Kurikulum Analisis Aplikatif Pada Pendidikan Islam. Malang: UIN-MALIKI PRESS (Anggota IKAPI), 2020.

Wahyuni, Fitri. “Kurikulum Dari Masa Ke Masa (Telaah Atas Pentahapan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia).” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 10, no. 2 (2015): 231–242.

Yanti, Novia, and Nursyamsi Nursyamsi. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional: Telaah Mengenai UU NO. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dan PP NO. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan.” Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman 10, no. 1 (2020): 139–170.

Yuniarti, Ira, Nyayu Khodijah, and Ermis Suryana. “Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah.” Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 9, no. 1 (2022): 182–207.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-10

Cara Mengutip

M, N., Syaifuddin, S., Azmi, M. ., & Mumtahanah, M. (2024). Tinjauan Historis dan Sosiologis Perkembangan Dan Perubahan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 13(01), 21–40. https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.7504

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.