Optimalisasi Penggajian dan Reward Karyawan Toko Al-Kautsar Pondok Pesantren Karang Durin

Authors

  • Moh. Ali Fahmi Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Moh. Rodiaminollah Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

DOI:

https://doi.org/10.35127/alkhidmah.v3i2.7752

Keywords:

Sistem Penggajian,, Reward, Karyawan.

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui penerapan Sistem Penggajian dan Reward Karyawan di Toko Al-Kautsar Pondok Pesantren Karang Durin bertujuan untuk mengevaluasi dan memahami mekanisme penggajian serta sistem penghargaan yang diterapkan di Toko Al-Kautsar. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah tentang penerapan sistem penggajian dan reward karyawan di Toko Al-Kautsar Pondok pesantren Karang Durin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem penggajian dan reward karyawan di Toko Al-Kautsar Pondok pesantren Karang Durin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang di gunakan Pada penelitian ini Metode triangulasi mengkomparasikan informasi atau data dengan metode yang berbeda.hasil penelitian ini mengacu pada data absensi dan kehadiran karyawan yang telah direkap, yang menjadi dasar dalam menentukan besaran gaji dan bentuk reward yang diberikan.Sistem penggajian yang diterapkan di Toko Al-Kautsar berfokus pada kehadiran karyawan, di mana setiap karyawan diharapkan untuk memenuhi target kehadiran yang telah ditetapkan. Reward diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja karyawan yang tidak hanya berdasarkan kehadiran, tetapi juga kontribusi mereka terhadap pencapaian tujuan toko. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan melalui sistem penggajian dan reward yang lebih efektif.

References

Abdullah, S. 2022. Sistem Penggajian Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Di Puskesmas Leppangang Kabupaten Pinrang :Doctoral dissertation, IAIN PAREPARE.

Agillia, F. H. 2022. Mekanisme Sistem Pengelolaan Gaji dan Motivasi Karyawan pada PT. Semen Padang: Doctoral dissertation, universitas andalas.

Akbar, R., Silvanab, M., & Zikri, A. 2019. Perancangan Model Bisnis Pembayaran Non Tunai untuk Pengelolaan Transaksi Jasa Laundry Pada Tiara Laundry Padang. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi.

Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)

Antoro, D., Anwar, N., Ulum, M. B., Widodo, A. M., & Erzed, N. 2023. Rancang Bangun Sistem Penggajian Karyawan Menggunakan Sistem Rapid Application Development (RAD). IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komp

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif,(Jakarta: Raja Grafindo Persada,2003),97.

Emzir, Analisis Data:Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Rajawali Press, 2012), 22-23.

Hidayati, INN 2017. Mempekerjakan dalam perspektif hukum Islam dan hukum positif. Az-Zarqa': Jurnal Hukum Bisnis Islam , 9 (2):675

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011),6.

M. Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya (Jakarta: Kencana, 2014), 118.

Mairummah, M. 2023. Analisis Sistem Pengendalian Intern Penggajian Karyawan Pada Koperasi Syariah Al-Kautsar Karangdurin (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

Pitasari, N. A. A., & Perdhana, M. S. 2018. Kepuasan kerja karyawan: Studi literatur. Diponegoro Journal of Management, 7(4): 605-612.

Prabowo, O. H., Merthayasa, A., & Saebah, N. 2023. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Manajemen Perubahan pada Kegiatan Bisnis di Era Globalisasi. Syntax Idea, 5(7): 883-892.

Pradana, B. P. 2023. Analisis Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Gaji dan Upah pada Barberstory Semarang. Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains, 4(1): 9-16.

Pratama, M. F. A., & Handayani, W. P. P. 2022. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan: Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Sosial Ekonomi Bisnis, 2(2): 62-70.

Ramdhani, M., Samsudin, A., & Mulia, F. 2022. Implementasi Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi. Journal of Management and Bussines, 4(1):65-72.

Rijali ahmad , Analisis Data Kualitatif,( Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33 Januari – Juni 2018),91.

Rukaiesih A. Maolani & Ucu Cahyana,Metodologi Penelitian Pendidikan,(Jakarta:Rajagrafindo Persada,2015), 153.

Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian (Jakarta: Rawajali Pers, 2013), 40.

Ustadz Mufid, Manajer Toko Al-Kautsar, wawancara Langsung (15 April 2024)

Ustadz Mustofa, Karyawan Toko Al-Kaustar, wawancara langsung (15 April 2024)

Wijaya, L. F. 2021. Sistem Reward dan Punishment sebagai Pemicu dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Journal MISSY (Management and Business Strategy), 2(2): 25-28.

Published

2023-02-04

How to Cite

Ali Fahmi , M. ., & Rodiaminollah, M. . (2023). Optimalisasi Penggajian dan Reward Karyawan Toko Al-Kautsar Pondok Pesantren Karang Durin. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 60–72. https://doi.org/10.35127/alkhidmah.v3i2.7752

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.