Pendampingan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Pemula di SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang

Authors

  • Munib Munib Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Siti Farida Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Badtut tamam Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Keywords:

Writing Scientific Papers

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju telah mendorong banyak perubahan dalam lingkungan masyarakat, termasuk di kalangan siswa SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang di Indonesia. Salah satu perubahan yang signifikan adalah maraknya penggunaan media sosial. Tanpa disadari, penggunaan media sosial dapat mempengaruhi pembelajaran yang diterima oleh siswa. Pendampingan  ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh media sosial terhadap tingkat belajar siswa SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang. Pendampingan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) adalah siswa SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang yang yang masih dalam proses pembelajaran. Dalam penelitin ini, peneliti akan mengunakan pendekatan penelitian secara kualitatif. Karena penelitian yang bersifat kualitatif dimana dimana dalam prosesnya menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata atau tulisan dari orang pelaku yang diamati. Hasil pelatihan ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kreatifitas menulis dan tingkat belajar siswa SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang. Kondisi  ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan menulis, semakin tinggi  tingkat belajar siswa. Implikasi dari pendampingan ini adalah pentingnya memberi motivasi dan pendampingan dalam untuk berkarya dalam bidang penulisan di kalangan siswa SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka.

References

Arifin, E. Z. Dasar penulisan karya ilmiah (ed.4): Lengkap dengan kaidah Bahasa Indonesia yang benar untuk perguruan tinggi. Grasindo. (2008).

Abidin, Y., Misbah, B. F. J. M., Putra, A. W., Ertinawati, Y. Kemahiran berbahasa Indonesia untuk perguruan tinggi: Buku pegangan mata kuliah wajib umum (MKWU) Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di perguruan tinggi. PT. Bumi Aksara. (2017).

Baskoro, D.G. Smart writing: Cerdas membuat karya ilmiah dengan 5 tahapan menulis. Penerbit Deepublish. (2020).

Budi Gautama Siregar, Ali Hardana, Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis, (Medan: CV.Merdeka Kreasi Group, 2021)

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)

Sudjana, Nana. Tuntunan penyusunan karya ilmiah: Makalah-skripsi-tesisdisertasi. Sinar Baru Algesindo. (2009).

Suyono, S., Amaliah, R., Ariani, D., & Luciandika, A. Cerdas menulis karya ilmiah. Penerbit Gunung Samudera (2015).

Published

2025-02-04

How to Cite

Munib, M., Farida, S., & tamam, B. (2025). Pendampingan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Pemula di SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 36–48. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/7921

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.