MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KB BAITAL HAMDI SAMPANG
Keywords:
Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Masyarakat, Mutu Pendidikan PAUDAbstract
Pendidikan anak usia dini (PAUD) bertujuan untuk mengembangkan seluruh potensi anak agar mereka dapat berfungsi sebagai manusia yang utuh sesuai dengan budaya dan falsafah bangsanya. KB Baital Hamdi Sampang adalah lembaga yang didirikan untuk menyediakan sumber daya manusia berkualitas. Kualitas sumber daya manusia yang tinggi akan meningkatkan kualitas negara. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas sumber daya manusia tak terlepas dari pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Partisipasi masyarakat dalam pembiayaan pendidikan di KB Baital Hamdi Sampang melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan terkait penyusunan rencana anggaran belanja. Ini dilakukan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat dengan tahapan analisis permasalahan, potensi, dan kepentingan masyarakat. Masyarakat berpartisipasi dalam pembiayaan biaya modal maupun operasional dengan cara hadir dalam pertemuan wali murid, rapat panitia pembangunan gedung KB Baital Hamdi Sampang, serta pertemuan lainnya di wilayah tersebut.References
Ahmad Sulaiman dan Udik Budi Widodo, Implementasi System Penjamin Mutu Internal Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Universitas Gadjah Mada, “Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan”, Vol. 4, No. 1, (2016).
Albi Anggito dan Johan Setiawan, Metode Penelitian Kualitatif (Sukabumi: CV. Jejal, 2018).
Anne Sarmono, Achmad Supriyanto, dan Agus Timan. Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Pada Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal, “JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan”, Vol. 3, No. 1, (2020).
Arwildayanto, Nina Lamatenggo, and Warni Tune Sumar, Manajemen Keuangan Dan Pembiayaan Pendidikan (Bandung: Widya Padjajaran, 2017).
Bayu Suratman, Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan di PAUD IT Alhamdulillah Yogyakarta, “Atta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam”, Vol. 1, No. 1, (2020).
E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep Upaya Dan Implementasi (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002).
Ida Rindaningsih, Pengembangan Model Manajemen Strategi Berbasis (Beyond Center And Circle Time) BCCT Pada PAUD, “Pedagogia: Jurnal Pendidikan”, Vol. 1, No. 2, (2012).
Ihsan El-Khuluqo, Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini): Pendidikan Taman Kehidupan Anak (Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar, 2015).
Kholid Mawardi, Insan Kamil Sebagai Basis Pengembangan Kreativitas Dalam Pendidikan Islam, “Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan”, Vol. 18, No. 1, (2013).
M. Askari Zakariah, Vivi Afriani, and KH. M. Zakariah, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Action Research, Research and Development (R and D) (Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al- Mawaddah Warrahmah, 2020).
Nelly Nelly, Manajemen Finansial Lembaga Pendidikan Islam (Studi Tentang Optimalisasi Anggaran Pembiayaan), “Hikmah”, Vol. 18, No, 1. (2021).
Opan Arifudin et al., Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2021).
Rachmat Agumdhana dan Suwardji, “Faktor Sosial Ekonomi Masyarakat Dan Lingkungan Yang Berperan Dalam Agrowisata, “Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA”, Vol, 5. No. 2, (2022).
Rida Fironika, Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia, “Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar”, Vol, 2. No, 1. (2015).
Sonedi, Zulfa Jamalie, dan Majeri, Manajemen Pembiayaan Pendidikan Bersumber Dari Masyarakat, “Fenomena”, Vol 9, No. 1, (2017).
Suharni, Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru, “Jurnal Ilmiah Potensia”, Vol. 4, No. 1, (2019).
Sunhaji, The Impementation of Integrated Learning in The Islamic Religious Educationto Raise The Faith Devotion of The Students of State Seniour High Schools in Purwokerto, “Dewantara”, Vol. 1, No. 1, (2013).
Trias Aprilyani dan Qosim Khoiri Anwar, Manajemen Berbasis Masyarakat Dalam Pengelolaan PAUD, “Journal of Nusantara Education”. Vol. 1, No. 1, (2021).
Zahriani and Latif, “Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di PAUD”, Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, Vol 2, No. 1, (2020)