PENDAMPINGAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK-PRODUK UNGGULAN DUSUN CANDIN DESA PULAU MANDANGIN SAMPANG
DOI:
https://doi.org/10.35127/al-khidmah.v1i2.4413Kata Kunci:
Pengemasan, Pemasaran dan ProdukAbstrak
Tujuan dari Pengabdian ini adalah untuk membantu menyelesaikan permasalahan atau kendala yang dihadapi oleh home imdustry, khususnya dalam segi produk baik secara pengemasan maupun dalam pemasaran. Produk-produk yang kami dampingi selama di PKM ini diantaranya adalah petis khas mandangin, batik tulis, krupuk ikan janggalak dan kripik sukun. Pendampingan yang kami lakukan dalam hal pengemasan (packeging dan labelling), pemasaran (membuat akun di sosial media serta toko online shopee). Metode yang digunakan adalah metode Pengabdian Masyarakat berbasis PAR yaitu pengabdian yang melibatkan semua pihak yang relevan dalam meneliti secara aktif bersama-sama tindakan saat ini yang mereka alami sebagai bermasalah dalam rangka untuk mengubah dan memperbaikinya. Hasil dari kegiatan ini adalah permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat pulau mandangin khususnya dalam sektor ekonomi adalah kurang penyadaran dan pelatihan oleh pemerintah setempat mengenai pengemasan dan pemasaran produk unggulan. Apalagi ditahui bahwa desa pulau mandangin akan menjadi desa wisata di tahun ini namun, pemerintah setempat enggan memberikan dampingan khusus atau pelatihan kepada masyarakat tentang pengemasan dan pemasaran produk.##submission.downloads##
Diterbitkan
2021-02-01
Cara Mengutip
Umam, M., Isabela, I., Mabruroh, M., & Farid, M. (2021). PENDAMPINGAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK-PRODUK UNGGULAN DUSUN CANDIN DESA PULAU MANDANGIN SAMPANG. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 107–114. https://doi.org/10.35127/al-khidmah.v1i2.4413
Terbitan
Bagian
Articles