Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Pada Sekolah di Yayasan Al-Misbah Cikereteg Bogor

Penulis

  • Sri Harini Ekowati Universitas Negeri Jakarta
  • Wahyu Tri Widyastuti Universitas Negeri Jakarta
  • Muhamad Restu Ali Universitas Negeri Jakarta

Kata Kunci:

Video Pembelajaran, Pembelajaran daring, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstrak

Penggunaan teknologi dan informasi selama proses pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 ini menjadi sangat penting. Guru didorong untuk bisa menyesuaikan diri dengan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan teknologi agar pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga siswa tidak jenuh dan termotivasi untuk belajar. Sementara itu tidak semua guru, khususnya guru sekolah di Yayasan Al Misbah mempunyai kemampuan yang cukup untuk memanfaatkan teknologi dan informasi sebagai penunjang media pembelajaran daring. Salah satu media pembelajaran daring yang dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan disukai murid.adalah video pembelajaran. Para guru di Yayasan Al Misbah belum pernah mendapatkan pelatihan pembuatan video pembelajaran secara daring di masa pandemi ini. Penelitian ini berfokus pada pembuatan video pembelajaran sebagai media pembelajaran secara daring. Karena tidak semua guru sekolah di Yayasan Al Misbah mengetahui cara membuat video pembelajaran, maka pelatihan pembuatan video pembelajaran ini perlu dilakukan. Hasil kegiatan ini adalah video pembelajaran yang dibuat guru sekolah di Yayasan Al Misbah. Video pembelajaran tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan mereka. Terdapat 13 video pembelajaran dengan berbagai topik pada mata pelajaran yang berbeda-beda.

Referensi

Apriani, P., Matsum, J. H., Khosmas, F. Y. Analisis Manfaat Pelatihan yang Dilaksanakan UPTD LLK-UKM di Mempawah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 6(6), 1-11, 2017.

Busyaeri, Akhmad, Tamsik Udin, A. Zaenudin. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Jurnal Al Ibtida, Vol 3(1), 2016, p. 116-137, 2016.

Darmawan, Arief. Membuat Media Video Pembelajaran. Pusat Teknologi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta, 2018.

Engetou, E. The impact of training and development on organizational performance. University of Applied Science. Unduh 10 September 2020, dari https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/2158244011433338, 2017.

Sofyan. Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding PPs. Transformasi Abad 21. Tema: 1 Nomor 15, bulan Mei 2017, p. 96-102, 2017.

Yuanta, Friendha. Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Trapsila. Vol 1 (2), p.91-100, 2019.

Sobat RuangMahasiswa. 7 Manfaat Mengikuti Pelatihan. Unduh 17 September, 2021,

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-01 — Diperbaharui pada 2022-03-01

Versi

Cara Mengutip

Harini Ekowati, S. ., Tri Widyastuti, W. ., & Restu Ali, M. . (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Pada Sekolah di Yayasan Al-Misbah Cikereteg Bogor. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 110–118. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/5541 (Original work published 1 Februari 2022)

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.