Inovasi Pengembangan Karakter Dalam Aspek Extra Kulikuler Di MTS Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan 3
Kata Kunci:
Inovasi Pengembangan Karakter, Aspek Extra Kulikuler, MTS Negeri Sumber BungurAbstrak
Pendidikan merupakan proses yang sangat menentukan untuk perkembangan individu dan perkembangan masyarakat. Pendidikan sebagai upaya memanusiakan manusia pada dasarnya adalah upaya mengembangkan potensi individu sehingga dapat menjalani kehidupannya dengan optimal. Dalam pelaksanaan pendidikan ada dua istilah yang biasa kita jumpai yaitu regular dan akselerasi. Penyelenggaraan pendidikan secara reguler dilaksanakan selama ini lebih banyak bersifat massal, yang berorientasi secara kuantitas untuk dapat melayani sebanyak-banyaknya jumlah siswa. Kelemahan yang secara tampak tidak terakomodasinya kebutuhan siswa yang relatif cepat daripada yang lain tidak terlayaninya secara baik sehingga potensi yang dimiliknya tidak tersalurkan dan berkembang secara optimal. Keadaan ini menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan luar biasa memerlukan program khusus agar potensi dirinya dapat berkembang secara optimal.Referensi
Ahmadi, Lif Khairu. Pembelajaran Akselerasi. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.
al-Ghazali, Abu Hamid. Ihya’ ‘Ulumiddin.
Ali, Mohammad. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Tt, Imperial Bhakti Utama, 2007.
Amtu, Onisimus. Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta, 2011.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pendidikan . Yogyakarta : Aditya Media, 2008.
Bafadal, Ibrahim. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Brady, Laurie. Curriculum Development. Australia :Prentice Hall, 1992.
Buna’i, Penelitian Kualitatif. Pamekasan: STAIN Pamekasan, 2008.
Conny R Semiawan dan Djeniah Alim, Petunjuk Layanan dan Pembinaan Kecerdasan Anak. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahannya . Bandung: CV Penerbit JART, 2005.
Hadi, Sutrino. Metode Resech. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM, 1984.
Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: SPS UPI, Remaja Rosdakarya, 2006.
Hamdani, Ihsan. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2007.
Haryati, Nik. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta, 2011.
Hasibuan, Malayu .S.P. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Hawadi, Reni Akbar. Akselerasi A-Z Informasi Program Percepatan Belajar DanAnak Berbakat Intelektual. Jakarta: Grasindo Anggota Ikapi, 2006.
Hermawan. Asep Herry. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta : Universitas Terbuka, 2010.
Howard A. Ozmon and Samuel M. Craver, Philosophical Foundations..
Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Jogjakarta: Ar-Ruzz, 2009.
Kamaluddin, Manajemen. Jakarta.: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, 1989.
Kardoso Gomes, Farstino. Manajemen SDM. Yokyakarta : Andi Offset, 2002.
Ladjid, Hafni. Pengembangan Klurikulum Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi, Ciputan: Quantum Teaching, 2005
Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2008.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2006.
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya, 200.
Nasution, Asas-Asas Kurikulum. Jakarata: Bumi Aksara, 2001.
Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam; Pendekatan Historis, Teoritis Dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pres, 2002.
Ontology Kajian Islam, Seri 21, Surabaya : Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Press, 20115.
Partanto, Pius A. Kamus Ilmiah Popular. Yogyakarta : Arkola Surabaya, 2001.
Rosady, Ruslan. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi. Jakarta ; Raja Grafindo Persada, 2005.
Saefullah. Manajemen Pendidikan Islam, (Bandung : Pustaka Setia,2012.