Sosialisasi Layanan Pendampingan Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini di Kota Pontianak

Penulis

  • Desni Yuniarni Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Marmawi R Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Muhamad Ali Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Annisa Amalia Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Lukmanulhakim Lukmanulhakim Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Dian Miranda Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Andini Linarsih Universitas Tanjungpura Pontianak

Kata Kunci:

Layanan Pendampingan, Orang Tua ABK, Anak Usia Dini

Abstrak

Membesarkan anak dibutuhkan kesiapan, keterampilan, dan pengetahuan  orang tua.  Terlebih jika anak lahir dengan keadaan yang memiliki  potensi spesial   yang berbeda dengan anak rata-rata kebanyakan.  Anak berkebutuhan khusus mempunyai hak yang sama dengan anak lain dan dapat hidup mandiri, berprestasi sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki. Oleh karena itu, orang tua wajib bertanggung jawab memenuhi hak-hak anak dalam segala aspek kehidupan, seperti bersosialisasi di lingkungan, berekreasi, dan berkegiatan lain yang bertujuan memperkenalkan anak berkebutuhan khusus dengan kehidupan di luar rumah. Selain itu orang tua perlu konsisten dan bersikap terbuka terhadap lingkungan sekitar dalam menangani anak berkebutuhan khusus.  Dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak bagi orang tua dengan anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam membesarkan anak - anak spesial dapat bertumbuh dan berkembang semaksimal mungkin sesuai dengan potensinya. PKM ini bertujuan untuk memberikan bantuan pendampingan pada orang tua khususnya yang berada di Kota Pontianak  dengan bekerja sama  bersama ULDAC (Unit Layanan Disabilitas dan Asesmen Center) Kota Pontianak. Terhubung dengan orang-orang tua yang anak – anaknya dilayani di ULDAC Kota Pontianak, diperoleh beragam masalah pengasuhan dan tumbuh kembang yang dialami oeh orang tua dalam membesarkan anak mereka. PKM Program Studi PGPAUD menjebatani dengan mengadakan FGD berkala, menganalisis masalah dan merumuskan bersama orang tua dan ULDAC sehingga menemukan rumusan solusi yang ditawarkan sebagai hasil luaran yang diharapkan dicapai.

Referensi

Yuanta, Friendha. Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Trapsila. Vol 1 (2), p.91-100, 2019.

Sobat RuangMahasiswa. 7 Manfaat Mengikuti Pelatihan. Unduh 17 September, 2021, dari http://ruangmahasiswa.com/info/7-manfaat-mengikuti-pelatihan , 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-01

Cara Mengutip

Yuniarni , D. ., R, M. ., Ali, M., Amalia, A. ., Lukmanulhakim, L., Miranda, D. . ., & Linarsih, A. . . (2022). Sosialisasi Layanan Pendampingan Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini di Kota Pontianak . Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 126–134. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/5544

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.