Pelatihan Keterampilan Abad 21 Menggunakan Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa Untuk Siswa Kelas 3 SDN 3 Nagrikaler Purwakarta

Penulis

  • Dea Nurulida Universitas Pendidikan Indonesia
  • Marlinang Simanjuntak Universitas Pendidikan Indonesia
  • Oka Julita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Abad Badrudin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mamad Kasmad Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

keterampilan abad 21, ular tangga

Abstrak

Keterampilan abad 21 merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap individu guna menghadapi tantangan di kehidupan abad 21. Keterampilan abad 21 terdiri dari 4 keterampilan atau biasa disebut juga dengan 4C. Keterampilan tersebut di antaranya adalah berpikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas. Keterampilan ini juga perlu dikembangkan dalam jenjang sekolah. Namun, belum semua siswa mampu menunjukkan keterampilan abad 21. Oleh karena itu, tim pengabdian membuat kegiatan pengabdian berupa penggunaan media ular tangga yang diharapkan mampu mengembangkan keterampilan abad 21 siswa. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui pelatihan keterampilan abad 21 menggunakan media pembelajaran ular tangga raksasa. Pengabdian ini dilaksanakan di kelas 3 SDN 3 Nagrikaler Purwakarta pada 31 Maret 2022 yang diikuti oleh 18 orang siswa. Hasil dari pengabdian ini adalah siswa sangat antusias dalam kegiatan dan mampu menunjukkan keterampilan-keterampilan abad 21 yang dimilikinya dalam permainan ular tangga dengan baik.

Referensi

Saputro, H. B. (2016). Peran Guru Sd Dalam Membangun Karakter Dan Kecakapan di Abad 21. In Prosiding, Seminar Nasional PGSD dan BK yang diselenggarakan oleh FKIP UAD, tanggal 20 Maret 2016. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Muhtadi dan Saeful, Asep. (2012). Komunikasi Dakwah Teori Pendekatan Dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Nugrahani, R. (2007). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1).

Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77-89.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-31 — Diperbaharui pada 2022-09-01

Versi

Cara Mengutip

Nurulida, D. ., Simanjuntak, M. ., Julita , O., Badrudin, A. ., Kasmad, M. ., & Iskandar, S. . (2022). Pelatihan Keterampilan Abad 21 Menggunakan Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa Untuk Siswa Kelas 3 SDN 3 Nagrikaler Purwakarta. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 16–21. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/6125 (Original work published 31 Oktober 2022)

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.