Pendampingan Metode Demonstrasi Untuk Pemahaman Baca Al-Qur’an Pada Program Bimbingan Belajar Ilmu Tajwid Terhadap Anak-anak di Dusun Jungkarang
Kata Kunci:
Metode Demonstrasi Meningkatkan Pemahaman Peserta DidikAbstrak
Dalam pengajaran agama banyak sekali metode yang digunakan seperti, metod ceramah, tanya jawab demonstrasi, diskusi, latihan pemberian tugas,kerja kelompok, mengajar beregu. Pemilihan teknik atau metode kiranya memerlukan keahlian tersendiri para pendidik harus pandai memilih dan mempergunakan teknik atau metode yang akan digunakan hal ini sesuai dengan metode itu sendiri. Program bimbel merupakan sarana untuk menimbah ilmu pengetahuan yang terdiri dari beberapa Program. Program Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Ilmu Tajwid khususnya bagi anak-anak Dusun Jungkarang. Dari itu peneliti sebagai Program bimbingan belajar Ilmu Tajwid sangan tepat menggunakan Metode demonstrasi dalam proses mengajarnya. Dan metode ini sangat membantu untuk memperdalam pemahaman dalam membaca al-qur’an sesuai dengan tuntunan Ilmu Tajwid, selain itu peserta didik juga bisa langsung mempraktekkan dari apa yang telah dipelajari. Dan sebagai prakteknya saya menggunakan alat Praga qiroati jilid enam.Referensi
Udin S. Winataputra, dkk. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Universitas terbuka, 2005
Yudhita Ema Sawitri “Skripsi dengan judul metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman bacaan ayat-ayat al-qur’an pada kelas x sma pgri Bangkalanâ€
Efendy Rasyid Rustam, dll. Pengantar Pendidikan. (Tasik malaya: PRCI.2022),
M. Hasby ash-Shiddieqy, Sejarah dan Pengantar imu Ilmu La-Qur’andan Tafsir, (Jakarta: Bulan Bintang, 2012)