Seminar Konseling Pendidikan di Yayasan Mambaul Ulum Gunung Rancak Robatal Sampang
Kata Kunci:
Konseling, pendidikan, guru.Abstrak
keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh beberapa komponen sistem pendidikan yang saling mempengaruhi satu sama lain. Sebab pembelajaran adalah proses interaksi dengan berbagai sumber belajar, termasuk dengan guru. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini melalui beberapa tahap: tahap pertama, tahap kolaborasi dengan PGMNI Jatim wilayah Sampang; tahap kedua, tahap sosialisasi program madrasah memanggil; dan ketiga tahap pelaksanaan pengabdian berupa seminar konseling pendidikan. Dalam pengabdian ini fokus pada tiga hal pokok yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan dan pembelajaran, yaitu: faktor internal, faktor eksternal dan faktor guru BK. Hasil pengabdian ini adalah: lingkungan sekolah, khususnya guru memiliki peranan dalam membangkitkan aspek internal setiap murid; di samping faktor internal, faktor eksternal murid juga harus dibangkitkan oleh guru dalam melakasanakan pembelajaran; peranan guru BK sangat penting dalam membangkitkan motivasi belajar setiap murid.Referensi
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara Kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama, 2012.
Lase, Berkat Persada. “Posisi Dan Urgensi Bimbingan Konseling Dalam Praktik Pendidikan.” Jurnal Warta 58 (2018): 1–17.
Malik Fadjar, A. Reorientasi Pendidikan Islam. Edited by Dhorifi Zumar dan Sulthon Fa. Dja’far. Ke-1. Jakarta: Fajar Dunia, 1999.
Mardhiah, Ainul, and Maera Julike. “Strategi Guru Kelas Dalam Pengembangan Bakat Minat Peserta Didik Di MIN 2 Ujung Baro Blangkejeren Gayo Lues.” Jurnal Intelektualita Prodi MPI 11, no. 2 (2022): 141–59. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/17183/7826.
Muhaimin, et. al. Pradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Cet. ke-5. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2011.
Ramlah. “Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik.” Jurnal Al-Mau’izhah 1, no. September (2018): 71–72. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/download/8/6/.
Septina Syaikha, Hida, Anita Tri Wahyuni, Firda Aisyah, Yulia Rachman, Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar. “PROCEEDINGS Membangun Karakter Dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SD Analisis Pentingnya Bimbingan Konseling Terhadap Anak Sekolah Dasar Di SD / MI Muhammadiyah 5 Surabaya,” n.d., 151–57.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. 12th ed. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2012.
Thoha Hamim, Dkk. “Resolusi Konflik Islam Indonesia.Pdf,” 2007.
Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam (IPI): Untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Jakarta: Pustaka Setia, 1995.