Pendampingan dalam Mengembangkan Minat Bakat Peserta Didik di MA Nurudz Dholam Patemon Kedungdung Sampang
Kata Kunci:
Manajemen Kepala Sekolah, Minat, BakatAbstrak
Madrasah Aliyah Nurudz Dholam berkomitmen kuat dalam mengoptimalkan potensi siswa melalui pengembangan minat dan bakat. Dengan pendekatan proaktif, madrasah ini melaksanakan berbagai program khusus seperti pelatihan pencak silat, kursus bahasa Inggris, dan kursus bahasa Arab. Dukungan dan fasilitas yang diberikan membantu siswa mengembangkan potensi mereka secara maksimal. Berdasarkan hal tersebut, peneliti memfokuskan pada tiga point, yaitu : Pertama, Bagaimana pengelolaan kepala sekolah dalam mengembangkan minat bakat peserta didik, Kedua, Bagaimana efektivitas manajemen kepala sekolah dalam mengembangkan minat bakat peserta didik, Ketiga, Bagaimana dampak manajemen kepala sekolah dalam mengembangkan minat dan bakat peserta didik terhadap prestasi akademik dan non-akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif dengan jenis deskriptif, sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. berlokasi di MA Nurudz Dholam Kedungdung Sampang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Keberhasilan manajemen kepala sekolah di Madrasah Aliyah Nurudz Dholam dalam mengembangkan minat dan bakat peserta didik didasarkan pada penerapan empat komponen manajemen: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Kepala sekolah memastikan setiap aspek ini berjalan optimal melalui rapat rutin, alokasi sumber daya yang tepat, kepemimpinan aktif, dan evaluasi berkala. Pendekatan ini menciptakan lingkungan yang mendukung tujuan pendidikan. Kedua, Efektivitas manajemen kepala sekolah di Madrasah Aliyah Nurudz Dholam terlihat dari perencanaan matang, pelaksanaan efisien, serta pemantauan dan evaluasi berkelanjutan. Keberhasilan ini dibuktikan dengan prestasi siswa di berbagai bidang, menunjukkan program-program yang dijalankan efektif. Kepala sekolah membentuk tim untuk program khusus, memastikan sumber daya tersedia dan dimanfaatkan dengan baik, serta memberikan motivasi dan dukungan berkelanjutan kepada guru. kepala sekolah memastikan program tetap efektif dan mencapai tujuan pendidikan. Ketiga, Di Madrasah Aliyah Nurudz Dholam, kepala sekolah menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan minat dan bakat siswa melalui program-program efektif, Program-program ini berdampak signifikan dalam mengasah potensi siswa di bidang akademik dan non-akademik, terbukti dengan prestasi yang diraih siswa.Referensi
Chomaidi, Salamah Pendidikan Dan pengajaran Strategi Pemebelajran Sekolah, Jakarta: PT Grasindo 2018
Undang-Undang Nomer 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional,
Martina, Syarnubi Khodijah Nyayu, , “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI” PAI Raden Fatah 1 2019
Saputra Rananda Wahyu and Rojak Abdul Sutisna Hidayat Syarif , Cahya Syaodih, “Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Non-Akademik Pada Ekstrakurikuler Pramuka Di SDIT MTA Karawang,” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies6, no. 2 (2023): 778–89, doi:doi:10.31943/afkarjournal.v6i2.620.
Sudarmono Aidil, Wahab Muh Abdul, dan Azhar Muh, “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa,” Jurnal Ilmiah Islamic Resources17, no. 2 (2020): 162, doi:10.33096/jiir.v17i2.92.
Mu’min Bahrul, “Manajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MA Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu Jember”, 2021.
Ramadhan Muhammad, Metode Penelitian, Surabaya : Cipta Media Nusantara,2021
Mohammad, Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Perseda,2014
Jajat Munajat, , Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Untuk Pengembangan Profesionalisme Guru, ed. by Enjah Takari Rukmansyah, 1st edn (Yogyakarta: CV. Bintang SuryaMadani, 2021
Irvan Syahrizal, Tumiyem, Hamela Sari Sirompul, Hisbulla, Hadi Hajar, Asriati, Hadi Widodo, Berneke Damanik, Kadek Wiramarta, Tuti Marlina, Fuad Hasyim, Sitti Nadirah, Psikologipendidikan Sekolah Dasar, Jakarta: Get Press, 2022
Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014