Pengaruh kualitas pelayanan dan citra toko terhadap kepuasan pelanggan pada hoka fried chicken cerme
DOI:
https://doi.org/10.35127/alkhidmah.v5i1.7727Kata Kunci:
Service Quality, Store Image, Customer SatisfactionAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan citra toko terhadap kepuasan pelanggan pada Hoka fried chicken Cerme. Jenis penelitian ini dapat dikategorikan penelitian kuantitatif deskriptif dan analisis menggunakan statistic. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. dalam pengambilan samplignya menggunakan metode non-porbability sampling dengan teknik purposive sampling, Penyusunan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 80 responden. Populasi dalam penelitian adalah pelanggan pada hoka Fried chicken di Cerme. Data kemudian diproses menggunakan metode statistik deskriptif, yang meliputi uji instrumen validitas dan reabilitas, Uji asumsi klasik normalitas, multikoliniearitas, heterokodesitas Uji regresi liniear berganda, Uji T, Uji F, Uji R2. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan dan citra toko terhadap kepuasan pelanggan pada hoka fried chicken di Cerme. Besaran pengaruh tersebut ditunjukkan nilai koefisien determinasi sejumlah 0,401. Penelitian ini memperkuat hasil penelitian yang telah ada bahwa kualitas pelayanan dan citra toko memberikan dampak positif pada kepuasan pelanggan.Referensi
Ade Wahyuni Azhar. Menulis Laporan Penelitian bagi Peneliti Pemula. Sumatera: Insan Cendekia Mandiri, 2021.
Arianto, Nurmin. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGUNJUNG DALAM MENGGUNAKAN JASA HOTEL RIZEN KEDATON BOGOR.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 1, no. 2 (6 Januari 2018). https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.856.
Bahrudin, Muhammad, dan Siti Zuhro. “PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN.” BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam 3, no. 1 (16 Agustus 2016): 1. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463.
Chrissanda, Chalsy. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Konsumen.” JURNAL WIDYA GANECWARA 10, no. 4 (26 November 2020). https://doi.org/10.36728/jwg.v10i4.1217.
Christina Whidya Utami. Manajemen Ritel Strategi dan implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat, 2010.
Darmawan, Komang Gading, Ni Nyoman Yulianthini, dan A.A Ngurah Yudha Martin Mahardikha. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN CITRA TOKO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN.” Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis 2, no. 1 (6 Juli 2020): 74. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26202.
Hidayat, Anwar. “Uji F dan Uji T.” Uji Statistik (blog), 22 Januari 2013. https://www.statistikian.com/2013/01/uji-f-dan-uji-t.html.
Imam Ghazali. Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.
Indra Wahyu Dianto. “Yogyakarta, 20 Februari 2013.” Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 2013. prints.uny.ac.id/16730/1/SKRIPSI_Indra%20Wahyu%20Dianto_09408145008.pdf.
M. Burhan Bungin. Metodologi penelitian kuantitatif: komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: kencana, 2010.
Muhammad Yusuf, dan Lukman Daris. Analisis Data Penelitian: Teori & Aplikasi dalam Bidang Perikanan. Bogor: PT. Penerbit IPB Press, 2019.
Mulyapradana, Aria, Ary Anjarini, dan Harnoto Harnoto. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 3 (1 Januari 2020): 26–38. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.115.
Sinambela. Metodologi Penelitian Kuantitatif: teoritik dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers, 2021.
Sutisna. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi Kedua. Jilid Pertama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.