Seminar Konseling Pendidikan di Yayasan Mambaul Ulum Gunung Rancak Robatal Sampang
Kata Kunci:
Konseling, pendidikan, guru.Abstrak
keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh beberapa komponen sistem pendidikan yang saling mempengaruhi satu sama lain. Sebab pembelajaran adalah proses interaksi dengan berbagai sumber belajar, termasuk dengan guru. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini melalui beberapa tahap: tahap pertama, tahap kolaborasi dengan PGMNI Jatim wilayah Sampang; tahap kedua, tahap sosialisasi program madrasah memanggil; dan ketiga tahap pelaksanaan pengabdian berupa seminar konseling pendidikan. Dalam pengabdian ini fokus pada tiga hal pokok yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan dan pembelajaran, yaitu: faktor internal, faktor eksternal dan faktor guru BK. Hasil pengabdian ini adalah: lingkungan sekolah, khususnya guru memiliki peranan dalam membangkitkan aspek internal setiap murid; di samping faktor internal, faktor eksternal murid juga harus dibangkitkan oleh guru dalam melakasanakan pembelajaran; peranan guru BK sangat penting dalam membangkitkan motivasi belajar setiap murid.Referensi
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara Kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama, 2012
Lase, Berkat Persada. “Posisi Dan Urgensi Bimbingan Konseling Dalam Praktik Pendidikan.” Jurnal Warta 58 (2018): 1–17
Malik Fadjar, A. Reorientasi Pendidikan Islam. Edited by Dhorifi Zumar dan Sulthon Fa. Dja’far. Ke-1. Jakarta: Fajar Dunia, 1999.
Mardhiah, Ainul, and Maera Julike. “Strategi Guru Kelas Dalam Pengembangan Bakat Minat Peserta Didik Di MIN 2 Ujung Baro Blangkejeren Gayo Lues.” Jurnal Intelektualita Prodi MPI 11, no. 2 (2022): 141–59. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/17183/7826
Muhaimin, et. al. Pradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Cet. ke-5. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012
Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2011
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. 12th ed. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2012.
Thoha Hamim, Dkk. “Resolusi Konflik Islam Indonesia.Pdf,” 2007
Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam (IPI): Untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Jakarta: Pustaka Setia, 1995
![](https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/public/journals/184/submission_7867_5231_coverImage_en_US.png)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2024-07-18 (2)
- 2024-07-18 (1)