Pendampingan Penguatan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur'an Melalui Metode Ummi di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Mubtadiin Nangger Sreseh Sampang

Penulis

  • Samsul Arifin Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Moh. Afif Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Imam Rusli IAI NATA Sampang
  • Zainal Abidin Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

DOI:

https://doi.org/10.35127/alkhidmah.v1i2.7932

Kata Kunci:

Kemampuan, Membaca, Metode Ummi.

Abstrak

Metode merupakan salah satu komponen pembelajaran yang menentukan berhasil atau tidaknya materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa. Metode Ummi bukan sekedar metode namun membangun sistem mutu di lembaga pendidikan. Kalau hanya membuat buku metode belajar al-Qur’an dan cara mengajarkannya mungkin banyak orang bisa melakukannya. Namun bagaimana mengawal implementasikan metode tersebut di sekolah sehingga proses pembelajaran berjalan sesuai standar dan hasilnya optimal. Ada target yang jelas dan terukur dari ketercapaian tiap tahap sehingga mudah dievaluasi ketuntasannya. Metode Ummi merupakan salah satu metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang sudah banyak berkembang di Indonesia. Metode Ummi lahir diilhami dari metode-metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang sudah ada dan tersebar di kalangan masyarakat, khususnya dari metode yang telah sukses mengantarkan banyak siswa yang sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Metode Ummi adalah salah satu metode membaca Al-Qur’an yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

Referensi

Shaadiqin, Skripsi Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Qur’an Siswa SD Islam Terpadu Ihsanul Fikri 1 Kota Magelang.

Haryati, Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus di SD Islam Cikal Harapan-1 BSD Tangerang Selatan), Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Magister (S2) Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta 1441 H/2019.

Didik Hernawan, Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an, PROFETIKA:Jurnal Studi Islam, Vol. 19, No.1 Juni 2018: 27 – 35.

Sa’diyah, Nur Hamid, Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran (Studi Kasus di SD Islam Asih Auladi Depok Jawa Barat), Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Juli, 2021. Vol. 8, No. 2.

Umi Hasunah, Alik Roichatul Jannah, Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang, Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN: 2550-1038), Vol. 1, No. 2, Desember 2017, Hal. 160-172.

Junaidin Nobisa & Usman, Pengunaan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an, Al-Fikrah: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, Volume 4, Nomor 1, Juni 2021, hlm. 44-70.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-04

Cara Mengutip

Arifin , S., Afif , M. ., Rusli, I. ., & Abidin, Z. . (2021). Pendampingan Penguatan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Ummi di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Mubtadiin Nangger Sreseh Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 56–68. https://doi.org/10.35127/alkhidmah.v1i2.7932

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.